Breaking News:

Zuristyo: Jembatan Teluk Kelabat Harus Terealisasi

Jembatan ini menjadi harapan masyarakat untuk mendorong pembangunan bagian Utara Pulau Bangka.

Penulis: deddy_marjaya | Editor: khamelia
Bangkapos.com
Zuristyo Firmadata 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Menurut Caleg DPR RI dapil Bangka Belitung Zuristyo Firmadata yang maju melalui Partai Nasdem, wilayah Jebus Kabupaten Bangka Barat dan Belinyu Kabupaten Bangka memiliki keterkaitan dan sejarah panjang.

Selama ini hubungan kedua daerah untuk berbagai kegiatan melalui jalur penyeberangan laut menggunakan kapal pompong sekitar 15 menit. Sebab jika melalui jalur darat harus memutar jauh hingga jarak tempuh mencapai 2 jam.

Maka dari itu rencana pembangunan jembatan Teluk Kelabat yang menghubungkan kedua daerah harus segera terealisasikan.

Jembatan ini menjadi harapan masyarakat untuk mendorong pembangunan bagian Utara Pulau Bangka.

"Pembangunan jembatan yang berdiri di Tanjung Ru Desa Bakit Kecamatan Parittiga Kabupaten Bangka Barat dan Tanjung Gudang Belinyu Kabupaten Bangka ini akan menjadi stimulus pertumbuhan ekonomi Babel khususnya Belinyu dan Parittiga maka harus segera terealisasikan," kata Zuristyo Firmadata pengusaha asal Bangka Barat ini.

Jembatan Teluk Kelabat yang rencananya akan dibangun dengan konstruksi cable stayed atau jembatan kabel sepanjang 1,7 km dan lebar 12 meter.

Titik pasang tertinggi sampai lantai jembatan sekitar 25 meter. Biaya pembangunan diperkirakan mencapai Rp 1 triliun yang dibangun dalam beberapa tahap.

Jembatan ini akan memudahkan konektivitas masyarakat kedua daerah, jembatan Teluk Kelabat juga akan mendongkrak ekonomi dan pariwisata daerah sekitarnya. Dimana estimasi biaya pembangunannya mencapainya 1 triliun.

Jika dana itu berputar di Belinyu dan Parittiga, multiplayer efek untuk ekonomi masyarakat sekitar luar biasa serta akan tumbuh banyak usaha di sekitarnya.

"Tentunya akan jadi icon daerah juga, jika Jatim punya jembatan Suramadu, Batam punya Balerang, Babel setelah jembatan Emas nanti nambah Teluk Kelabat akan jadi magnet pariwisata kita," ujar Bang Tyo sapaan akrab Zuristyo Firmadata.

Ketua DPW Partai NasDem Babel ini mendorong pihak terkait untuk merealisasikan pembangunan jembatan Teluk Kelabat secepatnya. Ini menurutnya sejalan dengan visi pemerintah saat ini yang gencar membangun infrastruktur daerah.

Jembatan ini juga diharapkan menjadi infrastruktur pendukung memujudkan pembentukan Kabupaten Bangka Utara yang sedang diperjuangkan masyarakat Utara Bangka. 

"Juga akan menjadi bukti kesiapan Belinyu, Riau Silip dan sekitarnya menjadi kabupaten baru. Selain syarat administrasi tentu bisa menjadi pertimbangan pusat memekarkan daerah," kata Bang Tyo.

(Bangkapos/Deddy Marjaya)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved