Bahar Buasan: Pendidikan Berkualitas Harus Direalisasikan Bukan Hanya Wacana

Ironis sekali, bila di Babel masih ada anak putus sekolah. Apalagi jika karena alasan biaya, sama sekali tidak bisa

Bahar Buasan: Pendidikan Berkualitas Harus Direalisasikan Bukan Hanya Wacana
Bangkapos
Bahar Buasan berbagi keceriaan bersama anak-anak Babel 

BANGKAPOS.COM--Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan mengatakan pendidikan merupakan sektor yang paling penting. Pendidikan mampu menjadi solusi untuk memperbaiki Sumber Daya Manusia (SDM).

Karena itu, dirinya juga mengabdikan diri untuk berupaya meningkatkan kualitas SDM. Bahar juga berkali-kali memberikan bantuan pendidikan kepada anak sekolah sekaligus mendirikan rumah inspirasi Buasan.

Bahar melakukan hal tersebut dikarenakan, banyaknya anak sekolah yang tidak dapat melanjutkan pendidikan karena terkendala masalah biaya.

“Ironis sekali, bila di Babel masih ada anak putus sekolah. Apalagi jika karena alasan biaya, sama sekali tidak bisa dibenarkan. Karena masa depan daerah ini tergantung generasi mudanya,” kata Bahar Buasan.

Bahar Buasan mengakui, untuk mengurangi angka putus sekolah yang tiap tahunnya meningkat, tentu memerlukan kebijakan yang besar dari pemerintah.

Menurut Bahar, anak-anak saat inilah yang mampu menjawab tantangan zaman ke depan.

“Untuk itu, Saya imbau pemerintah daerah untuk menjadikan sektor pendidikan menjadi skala prioritas kebijakan yang harus dilaksanakan, kita tidak boleh lagi berwacana, tetapi harus bertindak.

Salah satunya melalui pendidikan gratis 12 tahun yang merata di seluruh wilayah Babel," ungkapnya.

Senator kelahiran Babel itu mengajukan solusi berupa pemberian kemudahan akses kepada murid kurang mampu serta pendampingan lanjutan bagi murid yang putus sekolah.

"Memberikan akses lebih mudah kepada masyarakat kurang mampu, sehingga menekan angka putus sekolah serendah mungkin.

Dengan pendidikan yang baik, anak-anak akan tumbuh menjadi generasi yang berkualitas dan memberi perubahan serta manfaat terhadap peningkatan dirinya sendiri dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” lanjutnya.

Bahar Buasan menyatakan, pendidikan merupakan pilar kehidupan. Sebab tanpa pendidikan, kesenjangan sosial akan semakin melebar.

“Jika Babel mau maju, mau tidak mau pendidikan harus baik. Untuk itu kita harus mendorong baik melalui sosialisasi kepada orang tua, atau masyarakat, agar anak-anak mau bersekolah dan tidak berhenti," pungkasnya.(*)

Penulis: ibnu Taufik juwariyanto
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved