Kobalen Disambut Antusias UKM dan Emak-emak

Kunjungan yang dilakukannya tersebut sekaligus melakukan dialogis terbatas mendengar dan membahas

Kobalen Disambut Antusias UKM dan Emak-emak
Bangkapos
Kobalen Disambut Antusias UKM dan Emak-emak 

BANGKAPOS.COM--Kobalen Politisi  Partai Gerindra melakukan pertemuan dialogis bersama dengan para kelompok nelayan, dan warga-warga saat menyempatkan berkunjung ke Kabupaten Bangka Tengah dan Bangka Selatan, Kamis (14/03).

Selain itu Kobalen juga menyempatkan diri mengunjungi UKM batik dan juga UKM kuliner di sana.

Kunjungan yang dilakukannya tersebut sekaligus melakukan dialogis terbatas mendengar dan membahas seputar permasalahan-permasalahan yang selama ini dihadapi kelompok usaha masyarakat tersebut perihal fasilitas-fasilitas yang dapat memudahkan mereka untuk memasarkan produk-produk yang mereka buat.

Menurutnya, bila soal perizinan dan birokrasi bisa disederhanakan dan UKM di Bangka Belitung bisa dibina dengan serius, maka potensi ekonomi dari UKM tersebut akan bisa berbicara banyak di tingkat nasional.

"Kalau bisa, memaksimalkan mereka dengan cara membangun UKM dari segi misalnya lebih banyak ke padat karya, yaitu manusianya. Jadi hal-hal paling mendasar untuk mendampingi mereka contohnya ya perizinan, pendampingan, dan birokrasi yang tidak mempersulit," ujarnya.

Keterlibatan penuh pemerintah daerah untuk membenahi sektor ekonomi dengan memberdayakan UKM-UKM juga sangat beralasan karena tingkat kesejahteraan masyarakat, kesenjangan, dan kemiskinan masih jadi persoalan yang belum mampu diselesaikan.

Menanggapi hal ini  Kobalen mengatakan pemberdayaan UKM menjadi salah satu kunci untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Bangka Belitung dan juga memberikan kesempatan kepada UKM untuk maju sehingga menjadi salah satu kekuatan ekonomi daerah.

“ Pengembangan UKM salah satunya bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki level kesejahteraan para pelaku unit kegiatan tersebut, cara yang dilakukan bisa dengan apa saja seperti mungkin pelatihan-pelatihan yang benar-benar sesuai dengan unit usahanya ataupun pemberian alat-alat bantu penunjang produksi mereka.

Yang penting kehadiran pemerintah daerah adalah ya ini, untuk selalu memperjuangkan kesejahteraan rakyat khususnya ekonomi masyarakat bawah,

fokus pada pembinaan UKM agar perekonomian masyarakat naik kelas. Caranya dengan meningkatkan daya saing dan produktivitas pelaku UKM, ” kata Kobalen.

Politikus Gerindra ini mengatakan, pengentasan pengangguran adalah salah satu program pemerintah baik itu negara maupun daerah.

Hal itu agar membantu pelaku UKM di daerah agar dapat menyerap lapangan pekerjaan.

Dengan digelarnya diskusi tersebut, diharapkan Legislatif kedepannya mampu memperjuangkan aspirasi dalam bentuk pemberdayaan dan perlindungan UKM-UKM guna meningkatkan kesejahteraan keadilan berwirausaha khusus masyarakat bermodal kecil.(*)

Penulis: ibnu Taufik juwariyanto
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved