Mari Bersama Wujudkan Desa Pangan Aman di Kabupaten Belitung Timur

Pemerintah Kabupaten Belitung Timur sangat mengapresiasi kegiatan Badan POM karena melalui Gerakan

Mari Bersama Wujudkan Desa Pangan Aman di Kabupaten Belitung Timur
Istimewa
Mari Bersama Wujudkan Desa Pangan Aman di Kabupaten Belitung Timur 

BANGKAPOS.COM--Bertempat di Ruang Rapat Bupati Belitung Timur, Selasa (12 3/2019) Balai POM di Pangkalpinang dan Loka POM di Kabupaten Belitung mengadakan Rapat Advokasi Kelembagaan Dalam Rangka Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) untuk Pembentukkan Desa Pangan Aman di Kab. Belitung Timur tahun 2019.

Acara dibuka secara resmi oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir.Khaidir Lutfi, dalam kesempatan itu ia menyampaikan pesan bahwa sebagai pemerintah wajib melindungi masyarakat dan mewujudkan pangan aman di wilayah kabupaten Belitung Timur.

"Pemerintah Kabupaten Belitung Timur sangat mengapresiasi kegiatan Badan POM karena melalui Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) akan membentuk perilaku masyarakat untuk peduli dan bekerjasama dalam mewujudkan desa pangan aman," imbuh Khaidir.

Hadir sebagai Narasumber Kepala Balai POM di Pangkalpinang Hermanto,S.Si.,Apt.,MPPM, Kepala Seksi Advokasi Pemerintah Daerah Badan POM RI Ruki Fanaike,STP dan Narasumber dari BPPPPD Kab. Belitung Timur Ishar,SE.,M.Si.

Acara dihadiri dari berbagai lintas sektor terkait, camat, kepala puskesmas, sanitarian, kepala desa, perangkat desa serta calon tim keamanan pangan dari desa terpilih.

Adapun desa yang terpilih untuk diintervensi tahun 2019 antara lain Desa Lalang Jaya Kecamatan Manggar, Desa Buding Kecamatan Kelapa Kampit, dan Desa Lenggang Kecamatan Gantung.

Desa tersebut dipilih antara lain karena komitmen yang baik dari perangkat desa,merupakan daerah wisata, ada BUMDES serta banyak industri rumah tangga pangan.

Rapat advokasi kelembagaan merupakan awal dari rangkaian kegiatan GKPD di Kabupaten Belitung Timur tahun 2019 untuk menggalang dukungan dan komitmen dari pemerintah daerah serta perangkat desa demi mewujudkan pangan aman di Kabupaten Belitung Timur.

Adapun harapan dari Badan POM bahwa kegiatan GKPD dalam pembentukan desa pangan aman di 3 (tiga) desa terpilih akan dilanjutkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Belitung Timur di desa-desa lainnya.

Dalam diskusi para peserta rapat banyak menyampaikan masukan dan dukungan atas kegiatan GKPD ini, dan akan disinergiskan dengan kegiatan dan program dari lintas sektor lain agar dapat lebih optimal.

Masyarakat desa merupakan tonggak awal kemajuan suatu daerah, GKPD mewujudkan pangan aman akan mampu membentuk masyarakat desa yang peduli keamanan pangan mulai dari keluarga hingga ke seluruh masyarakat.(*)

Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved