Interior

Sebaiknya Dimana Kamar Mandi Diletakkan di Rumah? Ini Jawabannya

Manusia sebagai unsur mikro harus bisa menyelaraskan atau menyesuaikan diri dengan kekuatan alam.

Sebaiknya Dimana Kamar Mandi Diletakkan di Rumah? Ini Jawabannya
Home Depot
Banyak orang menyepelekan masalah kebersihan kamar mandi. Bau tidak sedap dari kamar mandi akan merusak energi di sekitarnya. 

BANGKAPOS.COM - Manusia sebagai unsur mikro harus bisa menyelaraskan atau menyesuaikan diri dengan kekuatan alam.

Seperti konsep Feng Shui yang menyarankan untuk mencari lokasi rumah tinggalnya berdasarkan norma/nafas alam, demikian pula bangunan/rumah yang menjadi tempat hunian manusia sudah seharusnya meniru bentuk alam yang menggambarkan struktur tubuh manusia.

Dari sisi mikro, rumah digambarkan menyerupai tubuh manusia, dengan pintu yang identik dengan mulut, jendela dengan mata, dapur dengan lambung dan toilet (WC/ kamar mandi) sebagai dubur.

Ada hal menarik tentang letak kamar mandi/WC dengan filosofi di atas.

Bagian tersebut mengisyaratkan bahwa letak WC dan kamar mandi paling tepat berada di sisi belakang dari tata ruang bangunan.

Stuktur ini identik dengan posisi dubur seseorang yang posisinya ada di bagian belakang tubuh.

Menurut Mas Dian, MRE, praktisi feng shui, posisi WC di bagian belakang rumah akan memberi nilai keselarasan yang benar karena dirancang dengan mempertimbangkan konsep hubungan keselarasan antara alam yang makro dan kehidupan yang mikro.

Selain itu, posisi ini juga memberi sisi positif yang lebih benar bagi kesehatan maupun etika pergaulan, karena posisi WC yang bau atau kotor sebaiknya dijauhkan dari fungsi ruang yang pada umumnya digunakan oleh penghuni untuk waktu yang lebih lama, misalnya kamar tidur dan ruang keluarga.

Sebagai orang Timur, budayanya sebenarnya telah menjabarkan secara benar konsep ini dengan menempatkan WC di posisi belakang.

Hal ini dibuktikan dengan selalu mengatakan “mau permisi ke belakang” setiap berkunjung ke rumah orang dan ingin buang air.

Halaman
12
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved