Breaking News:

Ajaib! Tiba-tiba Danau Besar Muncul di Tempat Terkering dan Terpanas di Amerika Utara

Death Valley merupakan tempat terpanas sekaligus terkering di Amerika Utara. Hampir tak ada mata air maupun danau di tempat ini.

Editor: Herru Windharko
(Ingo70/Shutterstock)
Papan peringatan mengenai panas ekstrem di Death Valley 

BANGKAPOS.COM -- Death Valley merupakan tempat terpanas sekaligus terkering di Amerika Utara. Hampir tak ada mata air maupun danau di tempat ini.

Namun, sebuah danau seluas 16 kilometer tiba-tiba terhapar di tempat ini.

Peristiwa ini diabadikan oleh seorang fotografer, Elliott McGucken. Dia sebetulnya ingin ke Badwater Basin untuk melihat daerah yang sedang kebanjiran tersebut, namun McGucken justru menemukan danau raksasa di tengah perjalanannya.

"Rasanya tidak masuk akal melihat begitu banyak air di tempat paling kering di dunia," kata McGucken dalam unggahannya di Instragram.

Rupanya hal ini terjadi karena fenomena alam yang terjadi di wilayah tersebut. Badai besar disertai hujan membawa suhu dingin melalui California Selatan dan menciptakan sebuah danau raksasa.

Dia melanjutkan, banjir kilat bisa terjadi di tempat yang bahkan tidak kehujanan. Sungai musiman yang biasanya kering bisa tiba-tiba kebanjiran karena hujan di hulu.

Apa yang terjadi di Death Valley memang sebuah fenomena alam yang tak biasa.

Bagaimana tidak, pada tahun 1972, wilayah yang terletak di California Timur ini tercatat dengan suhu permukaan tanah alami tertinggi di Bumi yang mencapai 93,9 derajat Celcius.

Selama dua tahun terakhir, Death Valley juga menjadi tempat terpanas yang pernah diukur di planet ini. Wilayah ini pun hanya mendapat jatah sekitar 60 milimeter hujan setiap tahunnya.

Namun, alam memang mampu menyajikan hal yang tak manusia pikirkan sebelumnya. Contohnya tentu saja dengan kemunculan danau di salah satu tempat terpanas di dunia.


Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved