Berita Sungailiat

Awas Penyelundupan Narkoba di Fiber Ikan, Perwira TNI AL Babel Tes Urine

Peserta yang mengikuti sosialisasi ini bukan hanya diwajibkan kepada para prajurit TNI AL saja, namun kepada keluarga

Awas Penyelundupan Narkoba di Fiber Ikan, Perwira TNI AL Babel Tes Urine
IST/Humas BNN, R Bembie AP
Tes urine Perwira TNI AL, sekaligus sosialisasi BNN Bangka di Mako Lanal Babel, Senin (18/3/2019) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Tak pandang bulu, Perwira TNI AL di Jajaran Lanal Babel, wajib menjalani tes urine.

Pemeriksaan ini dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bangka, sebagai bukti, TNI AL mendukung program pemberantasan Narkoba.

Tak hanya tes urine, namun kerjasama BNN dengan Lanal Babel, Senin (18/3/2019), berisi pencerahan berupa penyuluhan Narkoba. 

Kepala BNN Kabupaten Bangka, Eka Agustina kepada Bangka Pos, Senin (18/3/2019) menyatakan, BNN telah berkoordinasi terlebih dahulu dengan Komandan Lanal Babel dalam hal pelaksanaan kegiatan ini.

"Dalam hal mencegah dan memberantas Narkoba, BNN
Kabupaten Bangka menggandeng TNI AL Babel," katanya.

Upaya pelaksanaan pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba  telah dibuktikan melalui sosialisasi yang dilakukan oleh BNN di Markas Komando TNI AL Bangka Belitung, 18 Maret 2019.

Peserta yang mengikuti sosialisasi ini bukan hanya diwajibkan kepada para prajurit TNI AL saja, namun kepada keluarga, dalam hal ini istri prajurit.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Danden Pomal,  Mayor Laut (PM) Ady Poernomo mewakili Danlanal Babel yang sedang melaksanakan tugas di luar Mako Lanal Belinyu.

Eka berharap tidak ada prajurit TNI AL Babel yang terlibat dalam pelanggaran hukum kasus Barkoba. 

Menurut Eka, peran TNI Al sangat penting, khususnya menekan kemungkinan masuknya Narkoba melalui jalur laut.

Sebab tak menutup kemungkinan, muncul modus operandi penyelundupan Narkoba dibungkus rapi yang kemudian dimasukkan kedalam box fiber ikan yang ditutupi dengan jaring ikan.

"Itu artinya, peran Prajurit TNI AL sangat besar dalam memantau ruang gerak para nelayan, penyeberang, tongkang gelap, dan kapal-kapal asing yang melewati Perairan Bangka Belitung," tegas Eka, saat memberikan keterangan didampingi Humas BNN Bangka, R Bembie AP, usai acara, Senin (18/3/2019). 

Setelah peserta dibekali materi bahaya Narkoba, Dandenpomal memerintahkan beberapa perwira untuk melakukan tes urine di tempat.

Petugas BNN melakukan pemeriksaan urine perwira dibantu dan dikawal oleh  Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal).

"Jika nanti ada indikasi atau temuan positif dalam hasil pemeriksaan tes urine, maka kami tidak akan segan untuk mengambil tindakan tegas, dari proses hukum sampai pemberhentian secara tidak hormat," tambah Danden Pomal Lanal Babel, Mayor Laut (PM) Ady Poernomo mewakili Danlanal Babel, di acara itu.(bangkapos/ferylaskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved