Berita Pangkalpinang

Sidang Tipikor Pipa Merawang, Jaksa Belum Siap Tuntutan Hakim Tunda Sidang

pihak jaksa penuntut umum (JPU) belum mempersiapkan rencana tuntutan (rentut) terhadap terdakwa, dengan alasan rentut yang

Sidang Tipikor Pipa Merawang, Jaksa Belum Siap Tuntutan Hakim Tunda Sidang
Bangkapos/Ryan Agusta
Kepala intansi Satker SNVT Pelaksana Jaringan Pemanfaatan Air (PJPA), Sumatera VII Provinsi Bangka Belitung, Abdul Roni saat hadir dalam persidangan. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Sidang perkara tindak pidana korupsi (tipikor) proyek rehabilitasi pipa transmisi PDAM Merawang, Senin (18/3/2019) dengan agenda pembacaan tuntutan terhadap para terdakwa ditunda.

Pasalnya, pihak jaksa penuntut umum (JPU) belum mempersiapkan rencana tuntutan (rentut) terhadap terdakwa, dengan alasan rentut yang diajukan itu belum mendapat persetujuan dari pimpinannya.

Hal itu terungkap ketika pimpinan majelis hakim yang menyidang perkara itu, Sri Endang Amperawati Ningsih SH MH awalnya menanyakan langsung soal kesiapan pihak penuntut umum terkait sidang saat itu sedianya dengan agenda pembacaan tuntutan terhadap para terdakwa (Abdul Roni, Mulyanto, M Rifani alias Pepen & Judas Swara alias Aloy).

"Bagaimana jaksa apakah hari ini sudah siap dengan pembacaan berkas tuntutannya?," tanya Sri Endang kepada para JPU yang hadir saat persidangan tersebut.

Spontan, usai mendengar pertanyaan pimpinan majelis hakim, seorang JPU asal Kejaksaan Negeri Sungailiat, Aditya SH menjawab jika pihaknya saat itu belum siap untuk membacakan tuntutan terhadap para terdakwa.

"Pembacaan tuntutan belum kita siapkan yang mulia," jawab JPU ini singkat.

Kembali Sri Endang Amperawati Ningsih menanyakan alasan pihak JPU belum mempersiapkan tuntutan terhadap para terdakwa saat itu.

Namun Aditiya yang kini menjabat selaku Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Sungailiat beralasan hal itu lantaran dikarenakan berkas rencana tuntutan (rentut) belumlah mendapat persetujuan dari pimpinannya.

"Kebetulan tuntutan belum ada persetujuan dari pimpinan kita yang mulia," jawabnya.

Selanjutnya pimpinan majelis hakim pun saat itu langsung memutuskan penundaan sidang dan mengagendakan kembali dalam agenda pembacaan tuntutan pada pekan mendatang.

Halaman
12
Penulis: ryan augusta
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved