Berita Sungailiat

Tenaga Pelipat Surat Suara Harus Bebas dari Parpol, Diupah Rp 100 hingga Rp 130 Perlembar

KPU Kabupaten Bangka sudah merekrut sebanyak 200 tenaga pelipat surat suara dari berbagai kalangan masyarakat.

Tenaga Pelipat Surat Suara Harus Bebas dari Parpol, Diupah Rp 100 hingga Rp 130 Perlembar
bangkapos/riki
Ketua KPU Kabupaten Bangka M Hasan. 

BANGKAPOS.COM-- Komisi Pemilihan Umum (KPU ) Kabupaten Bangka sudah merekrut sebanyak 200 tenaga pelipat surat suara dari berbagai kalangan masyarakat tetapi mereka harus ada pernyataan terbebas dari partai politik. Para pelipat surat suara tersebut akan mendapatkan upah perlembar surat suara yang mereka lipat.

"Kita melibatkan masyarakat umum, kemarin siapa yang bersedia menjadi tenaga pelipat ada formulir diberikan.
Harus bebas dari partai politik berdasarkan surat pernyataan, tidak ada batasan dari 17 tahun ke atas bukan anak sekolah,"jelas Ketua KPU Kabupaten Bangka M Hasan kepada Bangkapos.com Selasa (19/3/2019) di Hotel Manunggal Sungailiat.

Ia menjelaskan, untuk biaya honor perlembarnya tenaga pelipat akan diberikan Rp 100 rupiah untuk surat suara calon presiden dan wakilnya, dan Rp 130 rupiah untuk surat suara DPR RI, DPR provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

"Untuk biaya sudah kita plenokan, untuk suara presiden Rp 100 rupiah perlembar, dan suarat suara DPR, DPRD provinsi, kabupaten dan kota Rp 130 rupiah perlembar, ini bukan Pilkada, yang anggaran dari kita, tetapi ini anggaran dari KPU RI, seperti itulah kondisinya," kata Hasan.

Menurutnya, pada kedatangan surat suara nanti, tenaga pelipatan akan langsung melakukan sortir dan pelipatan mengingat waktu yang hampir dekat.

"Kita akan langsung sortir dan lipat melihat suratnya bagus atau tidak, karena tidak ada waktu lagi, dan akan kita distribusikan, pada H-3 kita sudah koordinasikan dengan pihak kepolisian, termasuk dalam pendistribusiannya nanti hingga sampai ke TPS dan kembali lagi ke gudang KPU," ujar Hasan.  (BANGKAPOS.COM/RIKI)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved