Berita Pangkalpinang

Calon Jemaah Haji Babel Sudah Bisa Mulai Lunasi BPIH

Biaya yang ditetapkan tahun ini lebih murah dibandingkan tahun lalu, yang dilunasi ialah sisa dari setoran

Calon Jemaah Haji  Babel Sudah Bisa Mulai Lunasi BPIH
Bangkapos/Putrie Agusti Saleha
Muhammad Ridwan, Kepala Kanwil Kemenag Babel 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Jemaah haji yang akan berangkat pada tahun 2019 ini sudah bisa mulai melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) mulai 19 Maret 2019.

Diketahui BPIH Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2019 sebesar Rp 33.429.000, biaya ini menurun jika dibandingkan dengan tahun 2018 yang mencapai Rp 33.529.675.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Ridwan, mengatakan pelunasan BPIH ini dilakukan dalam dua tahapan, tahapan pertama dimulai 19 Maret-15 dan tahap kedua 30 April- 10 mei.

"Biaya yang ditetapkan tahun ini lebih murah dibandingkan tahun lalu, yang dilunasi ialah sisa dari setoran yang telah dibayarkam calon jemaah saat mendaftar," katanya, Rabu (20/3/2019).

Ia menyebutkan, pelunasan ini dilakukan dalam dua tahapan untuk memberikan kesempatan bagi calon jemaah yang belum bisa melunasi tahap pertama.

Dijelaskannya, untuk keberangkatan calon jemaah haji asal Indonesia akan dimulai pada 6 Juli, untuk jemaah asal Babel diperkirakan akan mulai berangkat pada 17,18,19 Juli.

Ridwan menyampaikan, calon jemaah haji tahun ini akan mendapatkan beberapa fasilitas yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini fasilitas lebih lagi dari pemerintah makan selama di Saudi disiapkan pemerintah, di Mekah saja ada 40 kali makan, di Mina dan madinah juga ditanggung pemerintah," sebutnya.

Selain itu, menu makanan yang disajikan per kloter juga disiapkan berdasarkan daerah masing-masing.

"Menu makan selama di Mekah disesuaikan dengan daerah masing-masing, misalnya Babel menu Babel, jadi jemaah enggak perlu usah khawatir dengan menu makanan," sebutnya. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved