Pakai Google Stadia, Anda Bisa Memainkan Game Kapan dan Dimana Saja

Industri game adalah bisnis yang sangat menggiurkan, dengan nilai mencapai US$137,9 miliar di tahun 2018 kemarin. Tak heran jika banyak perusahaan...

Pakai Google Stadia, Anda Bisa Memainkan Game Kapan dan Dimana Saja
infokomputer.grid.id
Inilah tampang controller khusus untuk Google Stadia 

BANGKAPOS.COM - Industri game adalah bisnis yang sangat menggiurkan, dengan nilai mencapai US$137,9 miliar di tahun 2018 kemarin.

Tak heran jika banyak perusahaan yang melirik industri ini, termasuk Google.

Pada pagelaran Game Developer Conference, Google secara resmi mengumumkan rencana mereka merilis layanan game streaming bernama Google Stadia.

Google Stadia ini pada dasarnya adalah layanan game streaming multi platform. Game akan diproses di server Google, lalu video dan audionya akan dikirim ke perangkat pengguna.

Jadi Anda bisa memainkan game tersebut di smartphone, notebook, PC, sampai Chromecast, selama ada koneksi internet.

Semua itu dilakukan agar pengguna dapat merasakan pengalaman bermain game yang sama seperti menggunakan PC atau konsol sendiri.

Untuk memainkan game di Google Stadia, pengguna dapat menggunakan controller atau keyboard/mouse yang telah ada. Namun Google akan menjual controller sendiri yang memiliki beberapa tombol khusus.
Contohnya tombol Share sehingga pengguna bisa berbagi video ke Youtube, atau tombol Google Assistant untuk mengakses built-in microphone di controller tersebut.

Google menjanjikan Stadia akan menyediakan game populer yang saat ini tersedia di berbagai platform.

Pengembang game seperti Unreal, Unity, dan Vulkan sudah mengumumkan komitmen mereka untuk mendukung platform Google Stadia ini. Saat ini mereka masih dalam tahapan porting alias memodifikasi game mereka sehingga bisa dimainkan di Google Stadia.

Selain dukungan dari pengembang game, Google juga akan membuat game studio sendiri. Dinamakan Stadia Games and Entertainment, game studio ini akan memproduksi game secara eksklusif untuk platform Google Stadia.

Game studio ini sendiri akan dipimpin oleh Jade Raymond yang sebelumnya bekerja di Ubisoft. Jade Raymond adalah sosok penting di balik game populer seperti Assassin's Creed dan Splinter Cell.

Akan tetapi, Google belum menyebutkan tanggal pasti perilisan Google Stadia ini, ataupun apakah Stadia akan langsung tersedia di seluruh dunia.

Google hanya menyebut Stadia akan tersedia di tahun 2019 ini. Jika dicek, situs resmi Google Stadia pun belum tersedia, karena pengunjung akan dialihkan ke Google Store.

 SUMBER

Editor: tidakada016
Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved