Berita Bangka Tengah

Penyediaan Buku-Buku Digital Diharap Bisa Meningkatkan Minat Baca di Bangka Tengah

Sehingga meskipun pengunjungnya banyak, namun untuk peminat baca belum tentu banyak karena mengunjungi

Penyediaan Buku-Buku Digital Diharap Bisa Meningkatkan Minat Baca di Bangka Tengah
Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bangka Tengah, Budi Utama 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bangka Tengah, Budi Utama menyampaikan tingkat pengunjung perpustakaan di Bangka Tengah memang meningkat, namun peminat baca masih belum meningkat.

Hal ini disampaikannya ketika dihubungi oleh Bangka Pos, Rabu (20/3/2019) sehubungan dengan hadirnya Perwakilan Pusat Pendidikan dan Perpustakaan Nasional RI, Sujatna pada sosialisasi program diklat kepustakaan di Pangkalpinang.

Budi Utama menjelaskan minat baca di Bangka Tengah masih bisa dikatakan kurang karena orang yang berkunjung ke perpustakaan belum tentu merupakan anggota perpustakaan.

Sehingga meskipun pengunjungnya banyak, namun untuk peminat baca  belum tentu banyak karena mengunjungi perpustakaan bukan berarti minat, namun mungkin karena tuntutan tugas atau mencari literatur-literatur dan tidak meminjam karena hanya mengunjungi saja.

"Yang kami ingin laksanakan kedepannya adalah mencoba peningkatan minta baca yang tentunya dimulai dari pemenuhan fasilitas di perpustakaan terlebih dulu," sebut Budi.

Pihaknya juga mengaku akan lebih meningkatkan minat baca bagi para generasi milenial sekaligus mendorong revolusi industri 4.0 dengan peningkatan koleksi buku-buku secara digital sehingga pembaca dan peminat baca lebih gampang mengakses buku-buku yang ingin dibaca tanpa harus kesulitan.

Upaya pelaksaan diakui Budi memang tidak bisa cepat karena semua hal untuk merealisasikannya butuh waktu dan pendanaan sehingga belum dapat dipastikan secara rinci hanya saja jika minat baca pada tahun ini (2019) bagus maka akan diupayakan secepatnya mengingat minat baca yang tinggi.

Target peningkatan minat baca sebut Budi adalah semua tingkat yaitu dari jenjang sekolah dasar hingga jenjang sekolah menengah atas. (Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved