Bambang Patijaya: SDM Berkualitas Dibutuhkan Membangun Pariwisata di Babel

Bagaimana kita memperdayakan dan meningkatkan partisipasi SDM, tentunya melibatkan masyarakat dalam

Bambang Patijaya: SDM Berkualitas Dibutuhkan Membangun Pariwisata di Babel
Bangkapos
Tokoh Pemuda Babel Bambang Patijaya 

BANGKAPOS.COM - Pariwisata menjadi salah satu faktor perkembangan, pembangunan, serta kemajuan suatu daerah dan negara.

Begitu juga dengan pengelolaan pariwisata berbasis, diperlukan pemberdayaan SDM yang berkualitas.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Babel Bambang Patijaya (BPJ) mengatakan pemberdayaan SDM berkualitas dalam hal pariwisata, diperlukan sekolah tinggi ilmu pariwisata.

"Bagaimana kita memperdayakan dan meningkatkan partisipasi SDM, tentunya melibatkan masyarakat dalam industri pariwisata yang harus diperkuat," ujarnya kala diwawancarai di Pangkalpinang, Kamis (21/3/2019).

Dalam upaya meningkatkan kapasitas SDM berkualitas, menggunakan prinsip pariwisata berkelanjutan berbasis dengan cara pemberdayaan masyarakat.

"Yang pertama kita memerlukan sekolah tinggi ilmu pariwisata, karena di sini kita belum punya sekolah tinggi pariwisata. Produk sekolah tinggi pariwisata kita belum ada yang D3, apalagi S1 untuk ilmu pariwisata," jelas tokoh pemuda Babel ini.

Inilah permasalahan bagaimana mempersiapkan SDM seperti tenaga kerja, tentunya melalui sektor pendidikan, dan para akademisi harus memiliki peran kepada hal tersebut.

"Kemudian yang kedua bagaimana meningkatkan kompetensi, tentunya salah satunya adalah dengan melakukan sertifikasi kompetensi," ia menuturkan.

Umpamanya seorang room boy harus memiliki sertifikasi, bartender punya sertifikasi, dll. Hotel dan restoran juga harus punya standar laik.

"Semua hal ini harus kita lakukan, dengan demikian industri pariwisata akan meningkat. SDM dibutuhkan di masa mendatang, maka dari itu kita ciptakan SDM berkualitas dulu," paparnya.

Halaman
12
Penulis: ibnu Taufik juwariyanto
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved