Berita Pangkalpinang

Jual 189 Unit Kendaraan Pemprov Babel Diperkirakan Dapat PAD Rp 3,3 Miliar

Kondisi kendaraan yang dilelang ini masih dalam keadaan bagus dan hidup, meskipun rata-rata kendaraan yang dilelang sudah berusia diatas tujuh tahun.

Jual 189 Unit Kendaraan Pemprov Babel Diperkirakan Dapat PAD Rp 3,3 Miliar
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Kendaraan Dinas yang akan dilelang diparkir di Halaman Kantor Bakuda Babel. 

BANGKAPOS.COM  - 189 unit kendaraan milik pemerintah Provinsi kepulauan Bangka Belitung akan dilelang secara terbuka dalam waktu dekat dengan total nilai limit mencapai Rp 3.303.970.000,00.

Berdasarkan hasil penilian KPKNL, kendaran yang akan dilelang yakni 120 unit kendaraan roda dua, dengan total nilai limit Rp 371.620.000. Kendaraan roda dua harga terendah yang ditawarkan yakni Suzuki Thunder EN 125 tahun 2005 dengan harga Rp 446.000. Sedangkan harga tertinggi motor sebesar Rp 9.165.000 dengan jenis Kawasaki tahun 2011.

Untuk kendaraan roda empat sebanyak 69 unit dengan nilai limit mencapai Rp 2.932.350.000,00. Kendaraan termahal yang akan dijual dalam lelang kali ini yaitu Honda CRV tahun 2008 sebesar Rp 96.146.000, dan harga mobil terendah KIA Ceres tahun 1996 Rp 2.505.000.

Kepala Bidang Aset, Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  Arlinisfa meyebutkan nilai limit yang ditawarkan dan dinilai oleh KPNKL tahun ini lebih murah dibandingkan lelang tahun 2018.

Arlinisfa belum dapat memastikan jadwal pengumuman dan pelaksanaan lelang, pasalnya masih menunggu jadwal dari KPKNL.

"Kendaraan yang dilelang tahun ini, ada sisa lelang tahun lalu yang belum laku. Sisa lelang tahun lalu ada 4 mobil dan 20 motor, nilai limit lelang tahun ini terbilang rendah dari hasil penilian KPKNL," kata Arlin belum lama ini.

Dikatakannya, lelang ini bebas diikuti siapa saja asalkan telah mendaftar terlebih dahulu ke KPKNL dan membayar uang muka 40-50 persen dari nilai limit yang telah ditentukan.

"Nilai limit ini nilai penawaran terendah, kalau peserta lelang menawar lebih tinggi, maka pendapatan yang akan diterima pemprov lebih dari nilai limit ini. Masyarakat yang mau lelang langsung mendaftarkan lelang ke KPKNL," katanya.

Menurutnya, kondisi kendaraan yang dilelang ini masih dalam keadaan bagus dan hidup, meskipun rata-rata kendaraan yang dilelang sudah berusia diatas tujuh tahun.

Untuk pajak kendaraan dan kelengkapan kepemilikan seperti BPKP dan STNK pun masih lengkap.

"Kendaraannya masih bagus, masih jalan dan hidup semua. Begitu juga dengan STNK dan BPKB masih ada. Lelang ini juga memberikan kemudahan dengan saat ini pemutihan pajak jadi mempermudah untuk balik nama," sebutnya.

Ia meyakini kendaraan dilelang akan habis terjual, pasalnya sejak beberapa bulan terakhir sudah banyak masyarakat yang datang langsung untuk melihat fisik kendaraan.

"Antusias cukup tinggi, sudah banyak yang datang lihat kesini, mereka tanya kapan akan dilelang. Cuma kami belum dapat memastikan kapan jadwalnya, karena kami juga masih menunggu jadwal dari KPKNL," sebutnya.

(Bangka Pos/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved