VIDEO : Nikah Massal Unik Diatas Perahu Kano di Kota Jogjakarta

Prosesi diawali dengan kirab Golong Gilig, sepasang muda-mudi di barisan paling depan membawa kendi berisi air perwito sari dan prasasti, ...

BANGKA POS.COM, JOGJAKARTA--Pernikahan Unik Pertama di Dunia dikawasan wisata sungai dalam rangka Hari Air se-dunia (World Day for Water).

Ada 6 pasang pengantin di acara nikah bareng ini yang dilakukan di wahana air tempuran 2 sungai (sungai Gawe dan Sungai Opak) yang berlangsung secara meriah.

Prosesi diawali dengan kirab Golong Gilig, sepasang muda-mudi di barisan paling depan membawa kendi berisi air perwito sari dan prasasti,

diikuti barisan bregodo prajurit, bregodo edan-edanan (sebagai penolak balak), 6 pasang manten bareng dan ibu-ibu perias (HARPI Melati Bantul).

Ijab qabul di tempat yang tidak selazimnya pernikahan pada umumnya, nikah bareng ini dilangsungkan di atas sungai dengan naik perahu serta kano,

dan ada lagi pasangan lain yang ijab qabulnya dilakukan diatas pohon ditempat flying fox dan kemudian kedua pengantin meluncur bergantian setelah usai.

Gelaran yang langka ini diharapkan dapat menyebar untuk menjaga keberlangsungan air sebagai sumber kehidupan dengan menjaga kebersihan sungai.

Selain itu, tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan pasangan sakinah sejahtera yang membawa keberkahan untuk Indonesia sesuai dengan tata kehidupan dan penghidupan masyarakat ber-Pancasila yang dilandasi cinta ilahi dan NKRI.

Dengan perbedaan yang ada ini sebagai perekat persatuan bangsa berlandaskan budaya dan kearifan lokal daerah dari masing-masing peserta, sehingga nantinya pernikahan ini membawa misi religi, budaya, sosial, demokrasi dan destinasi wisata. (Fb, wisata ke jogja)

Penulis: tidakada021
Editor: tidakada016
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved