Bahar Buasan Ajak Pelaku Usaha Manfaatkan Limbah Jadi Energi Terbarukan

Kita harus mengedukasi banyak pengusaha agar membangun dan memanfaatkan limbah itu sebagai nilai

Bahar Buasan Ajak Pelaku Usaha Manfaatkan Limbah Jadi Energi Terbarukan
Bangkapos
Bahar Buasan saat meninjau lokasi pembangkit listrik tenaga biogas. 

BANGKAPOS.COM--Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan mendorong para pengusaha sawit di Babel untuk memanfaatkan limbah industri mereka sebagai sumber energi terbarukan.

Menurutnya hal itu dapat mengurangi dampak negatif bagi lingkungan.

"Kita harus mengedukasi banyak pengusaha agar membangun dan memanfaatkan limbah itu sebagai nilai tambah bagi manusia," ujar Bahar Buasan saat mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Biogas di Desa Cengkong Abang, Mendo Barat, Kabupaten Bangka.

Senator asal Babel itu mengaku telah ikut membantu pendirian pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBG) yang berada di Bangka.

Bahar juga mengapresiasi usaha pemanfaatan limbah sawit menjadi energi baru yang terbarukan.

"Saya selaku anggota DPD RI komite II yang membantu dalam hal sumberdaya baru dan terbarukan ini. Tentu saya sangat mendukung energi baru yang terbarukan ini.

Supaya kita bisa mengedukasi banyak perusahaan-perusahaan yang bagaimana mengelola limbahnya menjadi peningkatan value dan bermanfaat bagi kehidupan kita di masyarakat," ujarnya.

Bahar Buasan yang pendidikan masternya tentang ketahanan nasional mengatakan tahu betul tentang pemanfaatan energi baru tersebut sebagai mempertahankan sumber pasokan energi listrik bagi masyarakat.

"Kalau kita tidak manfaatkan tentu bisa jadi limbah. setelah kita manfaatkan tentu saja mempunyai nilai tambah.

Kebetulan saya masternya dalam bidang ketahanan nasional. Salah satu tesis saya tentang ketahanan energi.

Dari proposal awal kita sudah ikut berpartisipasi mendukung program biogas ini," kata Bahar Buasan.

Ia juga berharap agar perusahaan lain yang memiliki limbah juga dapat memanfaatkan limbahnya sebagai sumber energi baru dan terbarukan sebagai bentuk rasa pertanggungjawaban sekaligus perhatian pada lingkungan.

"Harapan kita selanjutnya tidak hanya ini PT. BBS saja, tapi perusahaan lain yang mempunyai limbah bagaimana mengelola limbah ini menjadi energi baru dan terbarukan," tutur Bahar.

"Ini saya kira sangat penting supaya limbah ini tidak merusak tidak mengganggu tetapi limbah itu bisa menambah value, menambah sumber daya energi untuk banyak hal sebagai penerangan lingkungan," tandasnya.(*)

Penulis: ibnu Taufik juwariyanto
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved