Inilah Restoran Bawah Laut Pertama dan Terbesar di Dunia, Pemandangannya Menakjubkan

Snøhetta menyelesaikan Under, "restoran bawah laut terbesar di dunia", yang jatuh dari garis pantai terjal di desa terpencil Båly, Norwegia.

Inilah Restoran Bawah Laut Pertama dan Terbesar di Dunia, Pemandangannya Menakjubkan
Ivar Kvaal
Under 

BANGKAPOS.COM - Snohetta menyelesaikan Under, "restoran bawah laut terbesar di dunia", yang jatuh dari garis pantai terjal di desa terpencil Båly, Norwegia.

Dirancang oleh Snøhetta menyerupai periskop cekung, restoran seluas 495 meter persegi ini berhadapan dengan jendela panorama besar yang memberi pengunjung pemandangan kehidupan laut.

Bangunan di pantai selatan Norwegia, yang dapat menampung hingga 40 orang dan juga akan digunakan sebagai pusat penelitian kelautan, adalah restoran bawah laut pertama di Eropa.

"Bagi kebanyakan dari kita, ini adalah pengalaman dunia yang sama sekali baru. Ini bukan akuarium, ini adalah satwa liar di Laut Utara. Itu membuatnya jauh lebih menarik. Ini membawa Anda langsung ke alam liar," kata Rune Grasdal, arsitek utama Under.

"Ini pengalaman hebat, dan duduk di sini dan aman, membiarkan alam begitu dekat denganmu. Ini pengalaman yang sangat romantis dan menyenangkan," lanjut Grasdal. 

Under dirancang agar sesederhana mungkin. Dibutuhkan bentuk tabung beton monolitik yang panjangnya 34 meter.

Dindingnya sedikit melengkung dan setebal setengah meter, memberikan ketahanan optimal terhadap kekuatan gelombang dan tekanan air.

"Idenya adalah membuat tabung yang akan membawa orang-orang dari permukaan laut turun di bawah laut," tambah Grasdal.

"Transisi itu mudah dimengerti, tetapi itu juga cara paling efektif untuk melakukannya. Ini juga terasa aman, tetapi kamu tidak merasa terjebak," lanjut Grasdal. 

Beton dibiarkan dengan tekstur yang terbuka dan kasar untuk mendorong alga dan moluska menempel.

Under
Ivar Kvaal I Under
Halaman
123
Editor: tidakada016
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved