Ini yang Harus Anda Ketahui tentang Kuman di Dalam Rumah

Anda tahu bagaimana kota-kota Romawi dikuburkan dari waktu ke waktu dengan puing-puing? Hal yang sama terjadi pada tempat tidur.

Ini yang Harus Anda Ketahui tentang Kuman di Dalam Rumah
nationalgeographic
KUMAN DI RUMAH 

BANGKAPOS.COM - Anda tahu bagaimana kota-kota Romawi dikuburkan dari waktu ke waktu dengan puing-puing? Hal yang sama terjadi pada tempat tidur.

Philip Tierno menggambarkan kasur dan bantal Anda, serta permukaan lembut dan licin lainnya.

Patolog New York University dan pemburu mikroba tersebut menulis sebuah buku berjudul “The Secret Life of Germs”. Dia tahu di mana kuman-kuman tersebut bersembunyi.

Ketika tempat tidur selama ini dianggap sebagai tempat mikroba dan patogen hidup, hal tersebut justru mengejutkan Tierno.

Menurutnya, bagian yang paling dikuasai oleh kuman di rumah bukanlah tempat tidur.

"Kuman ada di mana-mana," ujarnya. “Semua makhluk hidup, batu karang, tanah...penuh dengan kuman. Kita berasal dari sel tunggal primordial. Kuman ada di sini sebelum kita," jelas Tierno.

Bahkan sekarang, kuman bisa berada di tubuh kita dan dimanapun Anda berada. Kuman adalah bentuk kehidupan yang tak terlihat, yang tidak perlu ditakuti. Menjaga diri Anda dalam melawan agen-agen penyebab penyakit yang potensial membutuhkan pemahaman yang sederhana tentang musuh Anda tersebut.

Apa Itu Kuman?

Kuman merupakan organisme kecil yang ada di mana-mana. Namun, selama ini organisme yang dianggap "kuman" ialah sejumlah spesies bakteri dan virus. Anda juga mungkin menemukan jamur dan protozoa penyebab penyakit di dalam rumah, terutama di daerah yang lembab.

Di kamar mandi, misalnya, air yang bersentuhan dengan permukaan keras dapat menciptakan apa yang disebut biofilm, film mikroorganisme yang berlendir.

Halaman
123
Editor: tidakada016
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved