Konsep Desa Doudo, Menanam Tumbuhan Kaya Manfaat, Memetik Rezeki dari Pekarangan Rumah

Ada yang unik dari desa Doudo, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Setiap RT yang terdapat di desa tersebut memiliki tema dan konsepnya

Konsep Desa Doudo, Menanam Tumbuhan Kaya Manfaat, Memetik Rezeki dari Pekarangan Rumah
nationalgeographic
Gapura Desa Doudo. 

BANGKAPOS.COM – Ada yang unik dari desa Doudo, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Setiap RT yang terdapat di desa tersebut memiliki tema dan konsepnya sendiri.

Tidak tanggung-tanggung, konsep yang mereka usung berupaya untuk memajukan lingkungan dan membuat desa Doudo semakin asri.

Setelah memasuki gapura bertuliskan “Desa Doudo”, Anda akan melihat pekarangan rumah yang dipenuhi oleh tanaman.

Tidak ada satu pun rumah yang gersang. Meski begitu, tidak semua tanaman di setiap rumah sama, karena mereka memiliki ‘identitas’ sendiri.

Untuk RT 1 misalnya, setiap warganya harus menanam tanaman lavender, sementara RT 5 dipenuhi dengan tumbuhan lidah buaya.

Asti Sufana, Kepala Desa Doudo mengatakan, keinginan untuk membuat kampung tematik berbasis lingkungan tersebut, datang dari warga sendiri.

“Awalnya, mereka ditantang untuk menciptakan lingkungan asri di desa Doudo. Mereka memikirkan sendiri konsepnya sampai akhirnya mengikuti lomba dari tingkat RT hingga Nasional. Sejak saat itu, para warga semakin semangat untuk mempercantik rumahnya,” papar Asti.

Lalu, konsep apa saja yang diusung di desa Doudo?

Kampung Si Cantik Cerdas (Siap Cari Jentik Cegah Demam Berdarah Sekarang)

Sesuai dengan namanya, konsep kampung ini adalah bebas dari jentik nyamuk. Konsep ini dipilih karena lokasi RT 1 berdekatan dengan kebun yang banyak nyamuk.

Halaman
1234
Editor: tidakada016
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved