Romahurmuziy Ditangkap

Terkait Kasus Dugaan Jual Beli Jabatan, KPK Gadungan Peras Keluarga Kepala Kemenag Gresik

Kepala Kantor Kementerian Agama Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi merupakan satu dari dua pejabat yang terjaring Operasi OTT KPK.

Terkait Kasus Dugaan Jual Beli Jabatan, KPK Gadungan Peras Keluarga Kepala Kemenag Gresik
KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI
Menteri Agama Lukman Hakim memberikan keterangan pers hasil sidang isbat di Kementerian Agama RI, Jakarta, Kamis (14/06/2018). Pemerintah menetapkan hari raya Idul Fitri 1439 H jatuh pada hari Jumat 15 Juni 2018. 

BANGKAPOS.COM-- Kepala Kantor Kementerian Agama Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi merupakan satu dari dua pejabat yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Romahurmuziy, Jumat (15/3/2019).

Beberapa hari berselang rumah Muafaq didatangi oleh orang yang mengaku sebagai petugas Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK).

Setelah dikonfirmasi, ternyata orang yang datang tersebut bukan pegawai KPK alias gadungan. Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, hari ini Rabu (20/3/2019), penyidik KPK mendatangi kediaman Muafaq untuk mengkonfirmasi.

Tertangkap OTT KPK Terkait Kasus Jual Beli Jabatan, Dua Pejabat Kemenag Diberhentikan Sementara

Penyidik juga bertemu langsung dengan pihak keluarga Muafaq untuk menjelaskan hak-hak yang dimiliki Muafaq yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

"KPK menerima Informasi dari pihak keluarga bahwa ada beberapa pihak yang kami indikasikan adalah 'KPK gadungan' yang datang ke rumah dan meminta uang," ujar Febri.

Febri mengatakan, bagi pihak-pihak yang didatangi oleh orang yang mengaku sebagai KPK dan meminta uang, bisa dapat langsung dilaporkan pada kantor kepolisian setempat atau menghubungi KPK di Call Center 198.

KPK mengingatkan agar tidak ada pihak manapun yang menyalahgunakan situasi untuk memeras atau melakukan penipuan, dengan cara mengaku seolah-olah sebagai petugas KPK dan meminta uang.

"Kami telah bekerjasama dengan Polri secara intensif untuk memproses lebih lanjut pihak-pihak yang melakukan tindak pidana tersebut," kata Febri.

Hari ini, Rabu (20/3/2019) KPK sita dokumen seleksi jabatan dari Kantor Kementerian Agama ( Kemenag) Gresik, Jawa Timur.

Penyidik KPK melakukan penggeledahan di Kantor Kemenag Gresik terkait kasus dugaan suap seleksi jabatan yang menyeret nama Ketum PPP Romahurmuziy.

"Penggeledahan masih berlangsung sampai siang ini," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (20/3/2019).

Menurut Febri, dari lokasi tersebut, penyidik menyita sejumlah dokumen terkait seleksi dan pengisian jabatan di Kantor Kementerian Agama.

Halaman
123
Editor: nurhayati
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved