Bahar Buasan : Optimalisasi Pariwisata Akan Turunkan Angka Pengangguran

Menurut Bahar, pariwisata dapat dijadikan leading sektor perekonomian bagi Babel. Karena, sektor pariwisata akan menjadi kebutuhan

Bahar Buasan : Optimalisasi Pariwisata Akan Turunkan Angka Pengangguran
Ist
Bahar Buasan memberi arahan terkait pariwisata dengan tambang di forum pariwisata 

BANGKAPOS.COM--Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan mengatakan, angka pengangguran di Babel dapat diturunkan dengan mengoptimalkan pariwisata dengan sektor tambang.

"Kita tahu saat ini permasalahan utama adalah banyaknya pengangguran. Karena itu kita dorong dua sektor ini untuk berkembang dan saling bergandengan agar dapat menyerap banyak tenaga kerja yang terdidik," ujar Bahar Buasan.

Anggapan masyarakat yang selama ini mustahil adanya kolaborasi antara sektor pariwisata dan tambang, menurut Bahar, pemikiran tersebut harus dibalik. Dimana sektor tersebut menurutnya dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi tambang bagi wisatawan.

"Harapannya sektor tambang juga mampu mengedukasi wisatawan bagaimana proses terjadinya timah dimulai dari awal hingga akhir. Kan dapat tuh wisata edukasinya," ujar Bahar Buasan.

Menurut Bahar, pariwisata dapat dijadikan leading sektor perekonomian bagi Babel. Karena, sektor pariwisata akan menjadi kebutuhan oleh setiap kalangan.

"Saat ini jamannya life style. Manusia berbondong-bondong untuk menikmati pariwisata. Sebab pariwisata bukan barang tersier lagi, namun menjadi sebuah kebutuhan bagi manusia," ujar Bahar Buasan.

Untuk mendukung hal itu agar berkembang, perlu adanya membangun ekosistem. Dimana pariwisata akan menjadi hal yang menarik dan berkesan bagi pengunjung.

"Bagaimana pariwisata ini mampu kita kembangkan dengan meanwarkan 3 paket, seperti atraksi budaya, lokasi yang indah dan pelatihan kreatifitas dari warga asli daerah," ungkapnya.

"Sebab berbicara sektor pariwisata pasti berbicara soal aktifitas. Orang-orang mencari pengalaman dari dia berpariwisata. Sehingga nantinya menarik wisatawan tersebut untuk kembali," tandasnya.

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved