Berita Pangkalpinang

Camat se Babel Studi Refrensi ke Kecamatan Sleman DIY

Sekitar 30 lebih camat se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan studi refrensi ke Kabupaten Sleman dan kecamatan Sleman

Camat se Babel Studi Refrensi ke Kecamatan Sleman DIY
ist
Foto bersama kunjungan Camat se Babel ke Kecamatan Sleman, Jum'at (22/3/2019). 

BANGKAPOS.COM - Sekitar 30 lebih camat se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan studi refrensi ke Kabupaten Sleman dan kecamatan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jum'at (22/3/2019).

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengatakan setelah studi refrensi ini diharapkan nantinya para camat termotivasi untuk meningkatkan pelayanan dan pengembangan daerah.

"Kita berharap camat termotivasi kerjanya, kalau dibandingkan camat di sini ya sebetulnya tantangan di sini lebih besar, dengan melihat suatu contoh baik ada transfer knowledge tercapai," kata Erzaldi akhir pekan lalu.

Ia berharap, para camat dapat ditingkatkan lagi motivasinya dalam berkarya untuk melayani masyarakat maupun berinovasi.

"Di Jogja, setiap desa ada BUMDes, dan 65 persen BumDes mengelola kawasan wisata, bisa dibayangkan bagaimana mereka dituntut untuk kreatif," sebutnya.

Ia berharap, para camat dapat membantu merubah pola pikir para kepala desa dan pengelola BUMDes untuk terus berinovasi dan menjalankan bisnis berdasarkan potensi daerah.

"Camat harus merubah cara pikir kawan-kawan di desa, baik kades maupun BUMDes, jangan BUMDes dijadikan lahan untuk menerima tenaga kerja orang dekat kades, keluarga kades jangan sampai seperti ini bisa jadi hancur," katanya.

Ia menilai, BUMDes di Babel belum terbiasa dikelola dengan orang profesional. Padahal BUMDes akan lebih maksimal jika dikelola secara profesional dan betul-betul paham mengelola bisnis.

"Kades harus memilih orang tepat yang mengerti bisnis, karena bekerja dengan bisnis beda. Bisnis mengelola untuk dikembangkan dan menciptakan lapangan pekerjaaan, sehingga menghasilkan yang nantinya akan dirasakan masyarakat sekitar juga manfaatnya," katanya.

Kepala Biro Pemerintahan Babel, M. Haris mengatakan kehadiran rombongan camat Babel di Kabupaten Sleman disambut langsung Wakil Bupati, Sekda dan OPD terkait.

Setelah kunjungan ke Kantor Bupati, dilanjutkan kunjungan ke kecamatan Sleman yang berdiskusi tentang Penerapan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN).

"Ini Study refrensi terkait tugas, fungsi camat, terutama pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat," kata Haris.

Ia menyebutkan, kecamatan Sleman ini mendapatkan penghargaan top inovasi dari Kemenpan sehingga bisa menjadi rujukan.

"Kita berharap camat di Babel juga bisa berinovasi terutama dalam pelayanan publik," katanya.

(BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved