Interior

Hemat Energi, Yuk, Beralih ke Teknologi Hijau

Banyak yang tidak menyangka bahwa lampu pijar, AC, water heater , kloset, bahkan keran air menyumbang besar dalam pemborosan

Hemat Energi, Yuk, Beralih ke Teknologi Hijau
nationalgeographic
Yuk, Beralih ke Teknologi Hijau 

BANGKAPOS.COM - Banyak yang tidak menyangka bahwa lampu pijar, AC, water heater , kloset, bahkan keran air menyumbang besar dalam pemborosan.

Beruntung teknologi terus berkembang dan memberikan solusi untuk mengatasi pemborosan, seperti beberapa teknologi ramah lingkungan yang ada sekarang ini.

Kalau sudah ‘terlanjur’ memakai AC, tidak ada salahnya berlaih ke AC hemat energi. Kini, beberapa produsen AC mengeluarkan AC berdaya listrik kecil.

Jika biasanya membutuhkan daya 600watt untuk AC ½ PK, sekarang hanya butuh 320-330watt untuk kapasitas yang sama. Pilihlah AC yang menggunakan conventer.

Saat ruangan sudah sejuk, secara otomatis AC tersebut akan mengurangi beban pendinginan. Namun, jangan lupa untuk selalu membersihkannya, ya .

Debu atau kotoran yang menghalangi aliran udara dari AC dapat membuat mesin bekerja ekstra dan memungkinkan AC akan menjadi cepat rusak.

Nah, jika Anda juga memakai AC sekaligus water heater di rumah, Anda bisa memanfaatkan energi panas AC untuk water heater Anda. Jadi, dengan satu energi dua peranti beroperasi.

Tentu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk penggunaan listrik. Jangan takut, peranti seperti itu sudah ada di Indonesia. Kecepatan pemanasan air dengan sistem water heater tergantung pada besaran kapasitas (PK) AC.

Semakin besar kapasitas AC, semakin cepat pula air memanas.

Dalam pengaplikasian teknologi ramah lingkungan , memakai pompa air dapat berpotensi pemborosan. Semakin sering pompa dinyalakan dan dimatikan, semakin besar pula listrik yang disedot dan itu berarti semakin banyak biaya yang dikeluarkan.

Halaman
12
Editor: tidakada016
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved