Menyibak Kontroversi Monster Laut 520 Juta Tahun yang Punya 8 Tentakel di Mulut

Sebuah penemuan fosil monster laut di China diklaim menjadi kunci jawaban dari misteri asal-usul ubur-ubur sisir.

Menyibak Kontroversi Monster Laut 520 Juta Tahun yang Punya 8 Tentakel di Mulut
Yang Zhao
Daihua sanqiong. 

BANGKAPOS.COM – Sebuah penemuan fosil monster laut di China diklaim menjadi kunci jawaban dari misteri asal-usul ubur-ubur sisir.

Monster yang dijuluki Daihua sanqiong tersebut dianggap memiliki banyak kemiripan karakteristik anatomi dengan makhluk laut modern yang menggunakan sisir silianya untuk berenang di lautan.

Peneliti utama Jakob Vinther dari Bristol University bahkan berkata bahwa spesies baru ini bisa jadi adalah saudara jauh dari ubur-ubur sisir.

“Dengan fosil-fosil ini, kami dapat mencari tahu dari mana asal ubur-ubur sisir. Walaupun kini kita tahu asal mereka yang masuk akal, bukan berarti ubur-ubur sisir menjadi lebih tidak aneh,” ujarnya.

Vinther pertama kali bertemu dengan D sanqiong ketika berkunjung ke Yunnan University di China.

Dia ditunjuki sekumpulan fosil yang telah mereka temukan, termasuk monster laut yang misterius ini.

Namun, yang menarik perhatian Vinther adalah kemiripannya dengan ubur-ubur sisir. Salah satunya adalah rambut silia besar pada tentakel D sanqiong.

Perlu untuk diketahui, silia juga merupakan salah satu karakteristik utama bagi ubur-ubur sisir. Makhluk tersebut menggerakkan silianya yang kemudian menyala terang dalam air.

Selain itu, D sanqiong juga memiliki 18 tentakel di mulutnya sehingga menyerupai bunga. Karakteristik ini mirip dengan Xianguangia, Dinomischus dan Siphusauctum.

“Secara singkatnya, kami berhasil merekonstruksi garis awal ubur-ubur sisir dengan membuat perbandingan anatomi,” kata Vinther.

Halaman
12
Editor: tidakada016
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved