Berita Pangkalpinang

Pengantin Menikah di KUA Dapat KK dan KTP Baru dengan Perubahan Status

Jadi nantinya pasangan yang baru melaksanakan pernikahannya di KUA akan langsung mendapatkan KK dan KTP

Pengantin Menikah di KUA Dapat KK dan KTP Baru dengan Perubahan Status
Bangkapos/Edwardi
H Firmantasi, Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang. 

BANGKAPOS COM, BANGKA -- Pemkot Pangkalpinang dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag)  Kota Pangkalpinang akan berikan pelayanan proaktif dalam hal penerbitan KK (Kartu Keluarga) dan KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Karena perubahan biodata bagi pasangan pengantin yang baru menikah di Kantor Urusan Agama (KUA).

KUA juga akan aktif melakukan pelaporan peristiwa pernikahan secara online ke Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang.

“Jadi nantinya pasangan yang baru melaksanakan pernikahannya di KUA akan langsung mendapatkan KK dan KTP yang baru dengan perubahan status,” kata H Firmantasi, Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Selasa (26/03/2019).

Diungkapkannya, Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang sedang menyusun draf perjanjian kerjasama dengan Pemkot Pangkalpinang terkait Pelaksanaan Pelaporan Online Peristiwa Pernikahan di KUA dan Pelayanan Penerbitan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) proaktif karena perubahan biodata. 

"Kita telah menghubungi Pemkot Pangkalpinang melalui Dinas Dukcapil beberapa waktu yang lalu, Alhamdulillah hal ini mendapatkan respon positif dan saat ini draf perjanjian kerjasama tersebut sedang dalam tahap penyusunan," ujarnya.

Dijelaskannya, perjanjian kerjasama ini ditujukan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam hal pelayanan nikah dan penerbitan KK serta KTP baru dan dalam proses pelayanan ini nantinya masyarakat tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

"Kita berharap agar rencana perjanjian kerjasama ini nantinya dapat berjalan dengan lancar dan sukses sehingga masyarakat pun dapat lebih terlayani dengan baik," harapnya. (BANGKAPOS.COM/EDWARDI)

Penulis: edwardi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved