Bahar Buasan: Pencegahan Narkoba Dimulai dari Keluarga

Penyalahgunaan narkoba bagi kalangan pemuda di Bangka Belitung akhir-akhir ini cukup tinggi. Dengan jumlah sebanyak 214 kasus dalam satu tahun.

Bahar Buasan: Pencegahan Narkoba Dimulai dari Keluarga
Bangka Pos
Bahar Buasan Ajak Keluarga Jaga Keluarganya dari ancaman Narkoba 

BANGKAPOS.COM -- Penyalahgunaan narkoba bagi kalangan pemuda di Bangka Belitung akhir-akhir ini cukup tinggi. Dengan jumlah sebanyak 214 kasus dalam satu tahun.

Untuk itu, calon anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan mengatakan perlu adanya tindakan yang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Yaitu melalui pendekatan dan pencegahan dari internal keluarga.

Keberadaan lingkungan juga menurut Bahar sangat mempengaruhi prilaku anak muda. Menurutnya dengan adanya kegiatan yang positif di lingkungan sekitar masyarakat, dapat menekan tingginya angka penyalahgunaan narkoba.

"Bangka Belitung termasuk daerah yang cukup tinggi narkobanya ini disebabkan oleh kurangnya kegiatan positif oleh para remaja. Oleh sebab itu ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi tanggung jawab kita semua," ujar Bahar Buasan kepada awak media.

Pencegahan dari lingkungan keluarga menurut Bahar mutlak menjadi pilar utama dalam mengatasi permasalahan narkoba tersebut. Sebab, keluarga merupakan tempat pertama menanamkan prilaku anak.

"Bagaimana kita bisa membina masyarakat ini maupun Pemuda agar mereka punya kegiatan positif. Ini tanggung jawab siapa? Tanggung jawab kita semua, mulai dari mana? mulai dari rumah tangga kita masing-masing, dari keluarga," ucap Bahar.

Senator kelahiran pangkal pinang itu juga mengajak pemuda membiasakan hidup positif. Dengan begitu, Bahar optimistis generasi muda akan memiliki masa depan yang cerah.

"Marilah kita menjaga pemuda-pemuda kita, masyarakat kita, agar punya kegiatan-kegiatan yang positif. Mereka bisa belajar, mereka bisa punya pekerjaan yang baik sehingga bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarganya dan bisa menjauhkan dari hal-hal yang negatif," kata senator itu.

Bukan hanya narkoba, Bahar Buasan juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menumpas segala bentuk tindakan yang merugikan lingkungan maupun diri sendiri, seperti minuman keras dan pengaruh radikalisme.

"Seperti narkoba, miras, juga radikalisme ini sangat penting kita tumpas. Mari kita sama-sama membangun remaja-remaja, pemuda dan membangun masyarakat kita dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Mari kita belajar bersama-sama, mari kita bekerja bersama-sama membangun Bangka Belitung dan membangun Indonesia," pungkas Bahar Buasan menutup pembicaraan.

Penulis: ibnu Taufik juwariyanto
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved