Berita Bangka Barat

Buka Musrenbang Tingkat Kabupaten, Markus Minta OPD Buat Program Tepat Sasaran

Bupati Bangka Barat, Markus meminta agar OPD di Bangka Barat untuk bisa membuat program-program yang tepat sasaran sesuai dengan RPJMD

Buka Musrenbang Tingkat Kabupaten, Markus Minta OPD Buat Program Tepat Sasaran
BANGKAPOS/HENDRA
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat kabupaten, Rabu (27/3/2019). 

BANGKAPOS.COM – Bupati Bangka Barat, Markus meminta agar OPD di Bangka Barat untuk bisa membuat program-program yang tepat sasaran sesuai dengan RPJMD tahun 2016-2021. Program yang dibuat pun dapat dirasakan langsung oleh masyarakat di Kabupaten Bangka Barat.

Hal ini disampaikan oleh bupati saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat kabupaten, Rabu (27/3/2019).

Musrenbang tersebut merupakan kelanjutan proses perencanaan pembangunan di Bangka Barat dan musrenbang ini juga dilakukan untuk mematangkan rancangan RKPD yang telah dibuat.

“Proses penyusunan rancangan RKPD ini telah dilaksanakan sebelumnya di tingkat kecamatan dan pelaksanaan forum perangkat daerah secara mandiri. Proses perencanaan ini juga tahapan penting agar dapat memaduserasikan berbagai dimensi dan pendekatan dalam perencanaan pembangunan khususnya terkait pendekatan buttom up dan partisipatif,” ujar Markus.

Sesuai dengan tema “Peningkatan efektifitas dan efisiensi rantai nilai seluruh sistem agribisnis/agri industri dan sumber daya manusia untuk menopang pembangunan daerah yang berkeadilan dan berkelanjutan,” Markus mengarapkan dapat menjadi pemacu pembangunan di Kabupaten Bangka Barat tahun 2020.

Akan tetapi untuk melaksanakannya lanjut Markus diperlukan pemangkasan rantai pemasaran dan keterampilan pelaku bisnis dan pelaku industri dalam meningkatkan nilai tambah hasil produksi.

“Untuk itu diperlukan pembangunan SDM yang unggul dan kompetitif. Dengan penguatan kapasitas SDM secara merata bisa dijadikan investasi jangka panjang. Dan ini sangat penting bagi pembangunann daerah sehingga diperlukan kontribusi berbagai pemangku kepentingan terlibat didalamnya,” ujar Markus.

(BANGKAPOS/HENDRA)

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved