Berita Bangka Barat

Kabupaten Bangka Barat Tak Punya BPBD, Dana Penanggulan Bencana Andalkan APBD

Kabupaten Bangka Barat hingga saat ini belum memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Kabupaten Bangka Barat Tak Punya BPBD, Dana Penanggulan Bencana Andalkan APBD
Bangka Pos / Hendra
Pertemuan tentang mitigasi daerah bencana bagi aparatur desa/kelurahan, kecamatan dan relawan se-Kabupaten Bangka Barat, Rabu (27/3/2019). 

BANGKAPOS.COM – Kabupaten Bangka Barat hingga saat ini belum memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Padahal Kabupaten Bangka Barata salah satu daerah yang rawan terhadap bencana, terutama bencana banjir yang sering terjadi. 

Sidarta Gautama, Kepala Satpol Pamong Praja dan Penanggulangan Bencana (Satpol PP dan PB), Bangka Barat mengatakan saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah masih bergabung dengan Satpol PP.

“Ini juga yang harus kita perjuangkan. Dana penanggulangan bencana dari pusat itu tidak masuk ke kita karena belum ada BPBD-nya. Karena masih bergabung untuk penanggulangan bencana dikerjakan oleh satu bidang,” kata Sidarta, Rabu (27/3/2019).

Dia menjelaskan penanggulangan bencana yang masih berada di Satpol PP belum bisa menerima dana bantuan penanggulan bencana dari pusat. Dana penanggulangan bencana masih mengandalkan dari APBD Kabupaten dan bantuan dari Provinsi.

Dengan masih dibawah satpol PP, bidang penanganan bencana pun hanya satu bidang. Sementara bila sudah ada BPBD, untuk penanggulangan bencana akan lebih efektif karena ditangani 4 bidang.

“Kalau sudah ada BPBD itu ada 4 bidang yang menangani masalah bencana ini. Dan anggaran pusat pun bisa turun, termasuk sarana dan prasarana pendukung. Walaupun demikian kita tetap berupaya untuk menanggulangi bencana dengan merangkul dunia usaha. Dan respon mereka cukup bagus dan memberikan bantuannya,” jelasnya.

(Bangka Pos / Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved