Berita Bangka Barat

Kepala Satpol PP dan PB Ungkap Penyebab Banjir di Kabupaten Bangka Barat

Berdasarkan topografi Kota Muntok memang berada di kawasan rendah pasang tertinggi air laut.

Kepala Satpol PP dan PB Ungkap Penyebab Banjir di Kabupaten Bangka Barat
Dokumen Bangka Pos
Pertemuan tentang mitigasi daerah bencana bagi aparatur desa/kelurahan, kecamatan dan relawan se-Kabupaten Bangka Barat, Rabu (27/3/2019). 

BANGKAPOS.COM -- Untuk mengatasi bencana di Kabupaten Bangka Barat harus dipetakan dulu permasalahannya. Penyebab terjadinya bencana alam lebih dikarenakan ulah manusia sendiri.

Untuk bencana alam banjir beberapa memang disebabkan akibat ulah manusia seperti pembalakan hutan dan pertambangan.

Sidarta Gautama, Kepala Satpol Pamong Praja dan Penanggulangan Bencana (Satpol PP dan PB), Bangka Barat menjelaskan untuk bencana banjir selain ulah manusia, berdasarkan topografi  Kota Muntok memang berada di kawasan rendah pasang tertinggi air laut.

“Ketika hujan dan air pasang bertemu terjadilah banjir. Sementara daerah resapan dan penampung banjir sangat kurang akibat rusaknya aliran sungai oleh penambangan liar. Ketika pangkal masalah ini bisa kita atasi, bencana akan bisa diminimalisir dan juga teratasi,” kata Sidarta, Rabu (27/3/2019).

Karenanya diperlukan kesadaran masyarakat. Daerah aliran sungai agar tidak ditambang dan pembukaan lahan secara sporadis tidak lakukan.

Sidarta menambahkan dalam waktu dekat akan menggelar apel siaga bencana. Apel ini akan dihadiri instansi terkait yakni TNI, Polri, BPBD dan relawan siaga bencana, serta instansi terkait lainnya.

“Tiga pilar yang bertanggungjawab terhadap bencana ini. yakni Pemerintah, Pelaku Usaha dan masyarakat. Karenanya kita dari pemerintah akan menggandeng seluruh elemen ini untuk mengatasi masalah bencana di Kabupaten Bangka Barat,” pungkas Sidarta.  

(BANGKA POS / HENDRA)
 

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved