Berita Pangkalpinang

Pemprov Babel Masih Hitung-hitungan Besaran Kenaikan Gaji Honorer

Kenaikan gaji honorer Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebelumnya disebut bakal mulai berlaku April

Pemprov Babel Masih Hitung-hitungan Besaran Kenaikan Gaji Honorer
Bangka Pos / Krisyanidayati
Sekda Babel, Yan Megawandi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Sekretaris Daerah Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi menyatakan, belum ada kepastian besaran kenaikan gaji honorer Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pihaknya masih membuat hitung-hitungan besarann kenaikan.

"Belum. Masih hitung-hitungan. Kan belum April ini," kata Yan ditemui Bangka Pos setelah menghadiri Grand Opening Rumah Sakit Kalbu Intan Medika (KIM) di Girimaya, Pangkalpinang, Kamis (28/3/2019).

Kenaikan gaji honorer Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebelumnya disebut bakal mulai berlaku April 2019 ini. Hingga H-3 April 2019, besaran kenaikan juga belum bisa dipastikan.

"Belum ada kisaran juga, kami juga masih sibuk menyelesaikan laporan keuangan akhir Maret. Kami usahakan.

Makanya ini lagi hitung-hitungan," kata Yan saat dipastikan kenaikan itu mulai terhitung April 2019 ini.

Sejumlah honorer di Pemprov Babel saat ini sudah tahu kabar adanya kenaikan gaji mereka terhitung mulai April 2019 ini.

Akan tetapi, mereka masih penasaran berapa besaran kenaikan dan terhitung sejak kapan akan diberlakukan.

"Iya naik. Cuma belum tahu berapa naik pastinya. Kemudian apakah berlaku surut dihitung sejak Januari, kayak kenaikan gaji PNS," kata seorang honorer di Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sebelumnya, awal Maret 2019 lalu Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi sempat menyampaikan kabar kenaikan ini saat memimpin apel mingguan di Kantor Gubernur Babel.

Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Babel Sahirman Jumli mengatakan kenaikan gaji honorer ini berdasarkan beberapa penyesuaian, di antaranya karena beberapa tahun belakangan tidak ada kenaikan gaji, harga barang yang semakin meningkat, dan mempertimbangkan kenaikan TPP ASN pemprov, serta kemampuan keuangan daerah.

"Ini tergantung kemampuan keuangan daerah, paling tidak, tidak terlalu jauh dengan UMP, kita enggak bisa menyentuh UMP karena terlalu tinggi. Yang penting ada penyesuaian naik lah sekitar Rp 300-400 ribu," kata Sahirman, Senin (4/3/2019) silam.

Ia menyebutkan, saat ini jumlah honorer Babel ditambah dengan rekrutmen yang dilakukan Pemprov saat ini adalah sebanyak 3.500 orang.

Kenaikan gaji tenaga honorer ini diperkirakan akan mulai pada April mendatang. Ia menyebutkan, untuk tenaga honorer gajinya sama rata atau tidak ada perbedaan.

"Sementara honorer pukul rata gajinya, tidak memandang pendidikan, lama bekerja, yang dilihat kinerja," ucap dia. (BANGKAPOS.COM / dedyqurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved