Ternyata Dulu Kecap Bukan Dibuat dari Kacang Kedelai, tapi Dibuat dari Ini

Dulu Kecap Pernah Dibuat dari Kacang Hijau, kecap dikenal berbahan kacang kedelai

Ternyata Dulu Kecap Bukan Dibuat dari Kacang Kedelai, tapi Dibuat dari Ini
news.virginia.edu
Kecap 

BANGKAPOS.COM - Bukan rahasia, Nusantara menjadi titik persilangan para pedagang bangsa lain, sejak era kerajaan sampai kolonial.

Selain perairan Malaka yang marak disambangi, Pulau Jawa pun menjadi pelabuhan yang tak kalah penting.

Lahirnya kecap sebagai salah satu bumbu penting dalam kuliner Nusantara pun disebabkan oleh pertemuan Jawa dengan kebudayaan lain, yakni China.

Uniknya, meskipun kecap dikenal berbahan kacang kedelai, tetapi sebuah penelitian membuka kemungkinan jika kecap mulanya dibuat dari kacang hijau.

Temuan tersebut terkuak dalam penelitian Denys Lombard, seorang orientalis asal Perancis, yang dibukukan dalam tiga jilid Nusa Jawa: Silang Budaya (1996).

Dalam penelitian tersebut, dikisahkan bahwa keberadaan orang-orang China yang menetap dan bertani di Pulau Jawa tak dapat dinafikan dalam memengaruhi perkembangan khazanah boga di Jawa.

Di sana, para petani China menyumbang banyak hal sebagai peletak dasar pertanian sebagai mata rantai penting dalam industri bahan makanan.

Mereka membawa teknik transformasi yang membuat hasil tani tak cuma dimanfaatkan begitu saja.

Namun, melalui proses pengolahan menjadi aneka jenis bahan lainnya.

Di samping itu, para petani China kerap memasukkan jenis tanaman baru dari negeri asalnya ke Pulau Jawa, dari pacar cina, lobak, sampai cincau.

Halaman
123
Editor: tidakada016
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved