Zuristyo : Dukung Tambang Rakyat yang Bertanggung Jawab

Rantai penambangan timah mulai dari penambang, pengepul, perusahaan peleburan dan berbagai multiplayer efeknya telah menggerakkan ekonomi

Zuristyo : Dukung Tambang Rakyat yang Bertanggung Jawab
Bangka Pos
Zuristyo : Dukung Tambang Rakyat yang Bertanggung Jawab 

BANGKAPOS.COM -- Zuristyo Firmadata Caleg No 1 DPR RI Dapil Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari Partai Nasdem mengatakan Bangka Belitung memiliki anugrah yang tidak dimiliki daerah lainnya. Yakni kekayaan dari perut bumi berupa timah.

Maka dari itu kekayaan tersebut harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan dan kemakmuran masyarakat. Bagaimana caranya, satu caranya adalah dengan memberikan akses kepada masyarakat untuk menambang pasir timah secara bertanggung jawab. Ditempat tempat yang tidak melanggar atau tempat terlarang

Harus diakui timah telah berkontribusi besar membangun Bangka Belitung sejak dulu hingga sekarang. Rantai penambangan timah mulai dari penambang, pengepul, perusahaan peleburan dan berbagai multiplayer efeknya telah menggerakkan ekonomi Bangka Belitung selama ini.

"Masyarakat sudah menikmati manisnya hasil timah yang dianugerahi Allah SWT untuk bumi kita. Hasil timah telah membangun negeri ini," kata Bang Tyo sapaan akrab Zuristyo Firmadata saat bertemu warga di Kabupaten Bangka baru baru ini.

Menurut Bang Tyo ini salah satu yang akan ia lakukan jika dipercaya oleh masyarakat memilih dirinya duduk di DPR RI.

Sesuai pasal 33 UUD 45, bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Sejalan dengan pola penambangan timah di Bangka Belitung yang dikelola negara melalui PT Timah Tbk dan penambangan rakyat.

"Kemitraan PT Timah dengan masyarakat penambang sangat kita dukung agar penambangan rakyat sesuai ketentuan peraturan dan bertanggungjawab," kata Pengusaha kelahiran Muntok yang berjuang untuk masyarakat tambang mendirikan dan menjabat Ketua Asosiasi Tambang Rakyat Daerah (Astrada) Bangka Belitung.

Selama ini banyak penambang rakyat kata Bang Tyo bekerja secara ilegal dan keselamatannya terancam. Namun dengan kemitraan PT Timah, penambangan rakyat bisa dibina memenuhi standar operasional penambangan yang benar dan sesuai aturan.

Kemitraan, produksi dari IUP timah kembali lagi kembali ke perusahaan. Jadi masyarakat penambang dapat pekerjaan dan penghasilan, perusahaan dapat timahnya.

Ketua DPW Partai NasDem Babel ini juga mendorong pemberian Izin Penambangan Rakyat (IPR) yang lebih luas kepada para penambang. Karena keberadaan IPR merupakan jaminan keberlangsungan pertambangan yang aman dan bertanggung jawab.

"IPR menjamin kepastian hukum kepada masyarakat penambang yang selama ini kerap menambang diliputi perasaan was-was. IPR menjamin adanya reklamasi pasca tambang melalui Jaminan Reklamasi yang disetor perusahaan selaku bapak angkat para penambang," ujarnya.

Jika terpilih mewakili rakyat Bangka Belitung di DPR RI, Ia berjanji akan memperjuangkan kemudahan akses masyarakat untuk menambang sesuai aturan berlaku dan ramah lingkungan, termasuk mendorong pengesahan Rancangan Peraturan Daerah Zonasi dan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sedang dibahas di DPRD Babel.

Perlu perjuangan keras mensukseskan bagaimana menambang berbasis lingkungan dan legal, sehingga penambang bisa tenang.

"Melalui partai di DPRD, kita juga akan mendorong agar Raperda RZWP3K segera disahkan, ini untuk memberikan kepastian zonasi wilayah yang boleh dan tidak boleh ditambang," kata Zuristyo Firmadata.

Penulis: deddy_marjaya
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved