Berita Bangka Tengah

1.005 Surat Suara Rusak Ditemukan Setelah Tiga Hari Pelipatan

1005 surat suara rusak tersebut merupakan jumlah total keseluruhan surat suara yang rusak yang telah diakumulasi

1.005 Surat Suara Rusak Ditemukan Setelah Tiga Hari Pelipatan
Dokumen Bangka Pos
Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi menunjukkan Surat Suara yang Sobek di GSG Bateng. Selasa (26/3/2019) 

BANGKAPOS.COM -- Sampai dengan hari ketiga pelipatan surat suara, sebanyak 1005 lembar surat suara rusak telah ditemukan oleh pelipat disaksikan oleh KPU dan Bawaslu Bateng saat pelipatan yang dilakukan di GSG Bangka Tengah. Jumat (29/3/2019).

1005 surat suara rusak tersebut merupakan jumlah total keseluruhan surat suara yang rusak yang telah diakumulasi dari kurang lebih tiga hari pelipatan.

Dari hasil temuan saat pelipatan, surat suara yang rusak tidak hanya mengalami sobek saja, namun juga ada temuan surat suara yang warna dan tulisan tidak jelas (gradasi) dan adanya ketidaksesuaian dari klasifikasi warna kertas.

Perwakilan Bawaslu Bangka Tengah, Ikbal menyampaikan total keseluruhan surat suara yang rusak adalah 1005 lembar.

Pelipatan tahap pertama sebanyak 803 surat suara yang rusak, tahap kedua sebanyak 70 surat suara yang rusak dan pada hari ini tahap tiga sebanyak 132 surat suara yang rusak.

Terkait dengan penggantian surat suara yang rusak, Ikbal menyebutkan belum dapat memastikan kapan akan meminta surat suara penggantian karena harus terlebih dulu menunggu nilai pasti dan final berapa total surat suara yang rusak dan juga harus berkoordinasi dengan KPU Bangka Tengah.

"Proses pelipatan belum selesai, masih ada beberapa surat suara yang belum dilipat seperti surat suara Presiden dan DPD RI dan sebagian DPRD Kab/Kota sehingga menunggu kesemua surat suara selesai dilipat baru meminta pernggantian surat suara baru", sebut Ikbal.

Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi ketika dikonfirmasi terkait permintaan surat suara rusak menyampaikan belum dapat melakukan permintaan penggantian surat suara yang rusak karena pelipatan belum final selesai dilakukan.

"Ketika surat suara sudah mencapai nilai akhir dan pasti maka akan langsung kita minta ke KPU RI namun dengan sepengetahuan atau tembusan ke KPU Provinsi", ucap Rusdi.

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved