Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tantangan Dokter Hewan Menghadapi Industri 4.0, PB PDHI: Semua Harus Berdasarkan Big Data

Pada acara seminar kali itu, PDHI mendatangkan ketua umum PB PDHI pusat, Munawarah sebagai pemateri.

Bangka Pos/Muhammad Rizki
Suasana pelantikan pengurus PDHI cabang Bangka Belitung periode 2019-2023 

BANGKAPOS.COM  - Seminar dengan tema "Peran Dokter Hewan dan Tantangan Dokter Hewan Dalam Menghadapi Industri 4.0" diadakan oleh Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Bangka Belitung, pada hari Sabtu (30/03/2019) di Sahid Hotel Pangkalpinang.

Selain seminar, pada hari itu juga PDHI cabang Bangka Belitung juga melantik kepengurusan baru untuk periode 2019-2023. Suhaidi resmi dilantik menjadi ketua PDHI cabang Bangka Belitung, menggantikan Herwintantri.

Pada acara seminar kali itu, PDHI mendatangkan ketua umum Pengurus Besar (PB) PDHI pusat, Munawarah sebagai pemateri. Munawarah mengatakan di dalam seminar tersebut jika PDHI sudah harus mengikuti perkembangan zaman, dengan dimulainya industi 4.0, sehingga program-program yang berkaitan dengan kesehatan hewan harus selalu terkait dengan industri 4.0.

Lebih lanjut Munawarah mengatakan jika sudah saatnya PDHI menunjukkan peran sertanya kepada pemerintah daerah, dalam hal memberikan kontribusi kepada masyarakat, sebagai contoh mencegah penyakit zoonosis (penyakit hewan yang menular ke manusia) contohnya rabies.

"Industri 4.0 ini terkait dengan beberapa hal yang menyangkut peningkatan kompetensi dokter hewan, kemudian aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan kesehatan hewan, kemudian harapan saya agar PDHI Bangka Belitung dapat memberikan kegiatan yang berdampak langsung pada masyarakat." ujar Munawarah, Sabtu (30/3) di lokasi seminar.

Munawarah menambahkan jika seminar kali ini penting diberikan karena perkembangan dunia saat ini akan mempengaruhi keterlibatan organisasi untuk diterima di masyarakat.

Ia memberikan contoh jika dahulu orang harus mengeluarkan biaya, waktu, dan tenaga untuk menghadiri seminar yang jauh dari tempat tinggalnya. Namun sekarang semenjak industri 4.0, orang bisa duduk santai menerima materi seminar di rumahnya dikarenakan ada yang namanya seminar online.

"Jadi maksud dari 4.0 itu adalah semua harus berdasarkan big data (dikelola dengan data yang besar, artificial intelegent (kecerdasan yang dibentuk), dan yang terakhir adalah robotic. Karena dengan semua hal itu, semua akan berjalan dengan cepat, mudah, murah, dan lebih efisien,"tutupnya.

(Bangka Pos/Muhammad Rizki/)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved