Berita Sungailiat

Tubuh Dibalut Daun Pisang, Begini Kronologis Terbakarnya Yono

Terbakarnya kapal motor Nelayan Sungailiat ternyata berawal meledaknya kompor minyak tanah.

Tubuh Dibalut Daun Pisang, Begini Kronologis Terbakarnya Yono
(IST/Ridwan)
Kondisi kapal motor milik Yono, Nelayan Sungailiat Bangka pasca kebakaran di tengah lautan. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Terbakarnya kapal motor Nelayan Sungailiat ternyata berawal meledaknya kompor minyak tanah.

Ledakan kompor yang sedang menyala menyambar aki dan bahan bakar di perahu, hingga akhirnya membuat Yono (38), nelayan di kapal itu luka parah.

Begini kronologisnya, menurut Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Bangka, Ridwan.

"Kronologis kejadian pada Pukul 15.30 WIB, saat Yono bermaksud untuk mencoba memasak nasi dan memompa kompor minyak tanah (di perahu saat melaut)," kata Ridwan mengutip laporan Wakil Ketua HNSI Bangka, M Ali Yusuf, Minggu (31/3/2019).

Korban tak menyangka, kompor minyak tanah yang ia gunakan bakal meledak. Ledakan menimbulkan percikan api yang kemudian menyambar seisi kapal kayu itu.

"Tiba-tiba kompor meledak dan menyambar bensin dan aki kemudian langsung mengenai muka Yono beserta sekujur tubuhnya," kata Ridwan.

Api berkobar seketika membakar berbagai benda hingga menjadi arang pada sejumlah sisi. Untungnya, insiden ini cepat diketahui oleh rekan nelayan di sekitar lokasi kejadian.

"Karena berdekatan dengan teman-temannya, Yono langsung dievakuasi oleh teman-teman Yono. Ketika itu di sekitar lokasi ada sekitar empat perahu kolek," katanya.

Upaya evakuasi pertama adalah, Yono dalam kondisi terbakar diminta segera melompat ke perahu kolek Gandi. Saat Yono sudah berada dalam perahu Gandi, perahu tersebut menjauh dari sumber api dan menuju ke daratan.

"Lokasi terjadinya kecelakaan di Perairan Karang Sembilan, sekitar 60 mill dari Sungailiat, tepatnya berada di Perairan Kalimantan," katanya.

Selama sembilan jam perjalanan, korban akhirnya berhasil merapat menggunakan perahu Gandi di Pelabuhan Sungailiat Bangka.

Pada Minggu (3/3/2019) Pukul 02.00 WIB, korban dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

"Sembilan jam perjalanan dari lokasi ke Sungailiat. Jam dua tadi malam (Minggu Dinihari) baru sampe di Sungailiat," kata Ridwan seraya menyatakan, sat dibawa ke RS Medika Stania Sungailiat, tubuh Yono sempat dibalut daun pisang agar kulitnya tak mudah rusak.

(Bangkapos/Ferylaskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved