Berita Pangkalpinang

233 Mustahiq Sudah Terima Zakat untuk 3 Bulan

Badan Amil Zakat Nasional (Basnaz) Kota Pangkalpinang pada awal tahun 2019 sudah menyalurkan zakat konsumtif di tujuh kecamatan

233 Mustahiq Sudah Terima Zakat untuk 3 Bulan
Bangka Pos/Edwardi
Rizwan, Bagian Pendistribusian Zakat Baznas Kota Pangkalpinang. 

BANGKAPOS COM -- Badan Amil Zakat Nasional (Basnaz) Kota Pangkalpinang pada awal tahun 2019 sudah menyalurkan zakat konsumtif di tujuh kecamatan sebanyak 233 orang mustahiq.

Hal ini dikatakan Rizwan, Bagian Pendistribusian Zakat Baznas Kota Pangkalpinang kepada bangkapos.com, Senin (01/04/2019) di kantornya.

"Zakat konsumtif ini disalurkan untuk 3 bulan, yakni Januari, Februari dan Maret 2019 untuk satu orang Rp 300.000 per bulan," katanya..

Diungkapkannya, untuk bulan Januari diberikan pada awal Januari, bulan Februari ada penundaan pemberian zakat karena ada pemeriksaan inspektorat dan validasi data mustahiq baru, sehingga baru disalurkan pada bulan Maret, satu orang mendapatkan Rp 600.000 untuk dua bulan.

"Untuk Program Pangkalpinang Sehat di awal tahun 2019 ini sudah dibantu tiga orang, yakni untuk yang sakit kornea mata, anak korban kebakaran di Tua Tunu yang menjalani operasi di Jakarta saat ini sudah pulang, dan satu orang terlantar di Pangkalpinang asal Jawa Tengah sudah dibantu dipulangkan ke daerah asalnya saat ini sudah sampai ke rumahnya," ujarnya.

Ditambahkannya, ke depan saat bulan Ramadan nanti sedangkan disiapkan untuk membantu 1.000 orang mustahiq kerja sama dengan Baznas Provinsi Kep. Babel.

"Pada tahun 2019 ini akan ada penambahan jumlah mustahiq di Kota Pangkalpinang, untuk final jumlah datanya pada bulan Oktober nanti," jelasnya.

Sementara untuk penerimaan Zakat yang masuk ke Baznas Kota Pangkalpinang cukup lancar hanya saja ada sedikit penurunan.

" Bulan Januari 2019 lalu menerima sekitar Rp 120 juta an dan Februari 2019 menerima Rp 60 juta an, sedangkan untuk bulan Maret 2019 belum masuk dananya, kemungkinan satu minggu ke depan baru masuk dananya," ungkapnya.

Diharapkannya, ke depan warga Pangkalpinang bisa semakin sadar untuk membayar zakatnya. Saat ini sumber zakat Baznas Kota Pangkalpinang berasal dari para pegawai OPD Pemkot Pangkalpinang.

"Kita juga saat ini sedang menggarap UPZ Masjid di masing-masing kecamatan, saat ini baru ada empat masjid yang memiliki UPZ supaya jamaah dan warga sekitar masjid setiap bulannya bisa membayarkan zakat hartanya," harapnya.

(BANGKAPOS/EDWARDI)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved