Survei Rectoverso Institute, Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Beda Tipis

Lembaga survei Rectoverso Institute bekerja sama dengan Jaringan Survei Pemuda Pelajar (JSPP) Jawa Barat merilis hasil survei elektabilitas

Survei Rectoverso Institute, Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Beda Tipis
Harian Kompas
Hasil survei Litbang Kompas yang dipublikasi 20 Maret 2019. Survei Rectoverso Institute, Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Beda Tipis 

 Survei Rectoverso Institute, Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Beda Tipis

BANGKAPOS.COM - Lembaga survei Rectoverso Institute bekerja sama dengan Jaringan Survei Pemuda Pelajar (JSPP) Jawa Barat merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres RI nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin dan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga di Jawa Barat.

Dalam rilis tersebut, elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf berada di angka 48 persen, unggul tipis dari pasangan Prabowo-Sandiaga yang memiliki tingkat elektabitas 47 persen. Sementara yang belum memilih hanya 4 persen.

“Kecenderungannya memang imbang tapi di sini pasangan 01 lebih unggul sedikit,” kata Peneliti Rectoverso Institute, Romdin Azhar di rumah makan Sindang Reret, Jalan Surapati, Kota Bandung, Senin (1/4/2019).

Lebih lanjut Romdin menjelaskan, tren elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dapat dikatakan naik sejak satu tahun ke belakang, tepatnya pada bulan Mei dan Juni 2018. Pada saat itu, Jawa Barat masih menjadi lumbung suara untuk Prabowo Subianto.

“Kita selalu mengikuti dan memantau perkembangan survei presiden ini sejak setahun lalu mulai Mei Juni 2018. Kondisi ini (kenaikan) terjadi karena kinerja petahana dinilai sangat bagus, 72 persen. Jadi, 72 persen masyarakat Jawa Barat menganggap petahana ini baik dalam kinerjanya,” ujarnya.

Mantan Kapolsek Ini Bongkar Ada Arahan untuk Mendukung Jokowi-Maruf Amin, Ini Sosok AKP Sulman Aziz

Selain itu, kenaikan elektabilitas pasangan capres cawapres nomor urut 01 di Jawa Barat juga dipengaruhi oleh dukungan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang sudah terang-terangan memberikan dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Faktor endorsment tokoh yang sekarang sangat kelihatan adalah Gubernur Ridwan Kamil. Setelah kita cek, ternyata tingkat endorsement hampir 25 persen dari pemilih, ini sangat signifikan,” tuturnya.

Romdin menjelaskan, pemilih yang digaet oleh Ridwan Kamil disebut melengkapi pemilih dari pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Kecenderungan pemilih Pak Jokowi dan pemilih pak Ridwan Kamil di pilgub kemarin ada perbedaan pemilih. Pak Jokowi cenderungnya pemilihnya pendapatannya di bawah, pendidikan di bawah dan rendah. Kalau pemilih Pak Ridwan Kamil cenderungnya menengah atas, milenial, tingkat pendidikannya tinggi. Jadi ketika Pak Ridwan Kamil mendukung Pak Jokowi, pemilih itu melengkapi,” katanya.

Halaman
1234
Editor: Evan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved