Bahar Buasan Siapkan Solusi Agar Babel Tak Bergantung Pada Sumber Daya Tambang

Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan mengatakan dirinya sedang mempersiapkan ekonomi alternatif bagi masyarakat Babel

Bahar Buasan Siapkan Solusi Agar Babel Tak Bergantung Pada Sumber Daya Tambang
Bangkapos.com
Bahar Buasan sedang menyampaikan solusi perekonomian pasca tambang 

BANGKAPOS.COM--Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan mengatakan dirinya sedang mempersiapkan ekonomi alternatif bagi masyarakat Babel yang awalnya timah akan beralih pada ekonomi alternatif yang diberinya nama ekonomi 3+2.

Ekonomi alternatif 3+2 jelasnya, akan menggiatkan 3 alternatif awal yakni pertanian dan perkebunan, perikanan dan kelautan, lalu pariwisata.

"3 ini kita dorong dulu, bila 3 ini sudah berjalan maka akan diikuti 2 sektor selanjutnya 4 perdagangan jasa, 5 industri," ujar Bahar saat melakukan reses di kantor Gubernur, bagian Biro Pemerintahan, Pangkalpinang, Selasa (2/4/2019).

Ekonomi alternatif 3+2 juga menjadi misi panjang bagi Bahar Buasan dalam membangkitkan perekonomian masyarakat Babel.

"Ini juga misi panjang kita untuk memenuhi kebutuhan lokal dan nasional. Saya kira bila hal ini kita maksimalkan, akan dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat kita di babel," ungkapnya.

Bahar menyampaikan jika berhasil 3 potensi ekonomi tersebut bisa memberikan dampak pertumbuhan potensi usaha yang baru.

"Tentunya hasil pertanian dan perkebunan misalnya singkong, tentu ini perlu industrinya. Selain itu dengan ada pariwisata tentunya juga perlu jasa, seperti travel jasa penginapan, atraksi dan sebagainya. Otomatis bisa mendatangkan lapangan kerja dan meningkatkan nilai tambah (value)," ujar Bahar.

Saat ini kata Bahar, tinggal saja bagaimana semua pihak dapat mengimplementasikan hal tersebut agar Babel tak bergantung pada sumber daya tambang.

"Nah, kita harapkan ini tidak hanya mengandalkan peranan pemerintah saja. Namun perlu peranan swasta, peranan masyarakat. Semua harus berperan," kata Bahar Buasan yang juga mencalonkan diri kembali di DPD Dapil Babel dengan nomor urut 25.

"Kalau kita berbicara pariwisata, tentu adalah peranan masyarakat ini sangat penting. Orang tamu datang bagaimana kita bisa melayani, menerima mereka, kalau belum apa-apa mereka datang kita udah curiga nih, itu yang nanti bisa bahaya," tandas Bahar.

Penulis: Khamelia (Uwa)
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved