Berita Sungailiat

KPU Bangka Bersabar Menunggu Pengganti Surat Suara Rusak

Dikatakannya, saat ini pihak KPU hanya bersabar menunggu kepastian datangnya surat suara tersebut.

KPU Bangka Bersabar Menunggu Pengganti Surat Suara Rusak
bangkapos/riki.
Ketua Banwaslu Kabupaten Bangka, Corri Ihsan menunjukkan surat suara yang rusak, foto diambil Jumat (29/3/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Ketua KPU Kabupaten Bangka Hasan, mengatakan saat ini belum diketahui kapan akan datang pengganti surat suara yang rusak.

Dikatakanya, saat ini pihak KPU hanya bersabar menunggu kepastian datangnya surat suara tersebut.

"Untuk logistik dalam proses pengesetan per TPS, perdapil, perjenis pemilihan, kita dipilah pilah, sementara untuk surat suara yang rusak, kita sifatnya masih menunggu, sudah kita laporkan ke KPU RI yang memiliki kewenangan," ujar Hasan kepada wartawan, Kamis (4/4/2019).

Hasan mengatakan jumlah surat suara yang rusak mencapai ribuan, perjenis surat suara yang rusak, bervariasi ada yang 500, 600 hingga 1000 ribuan.

"Ada mencapai 5000an yang rusak totalnya, kita sudah mengajukan, berdasarkan hasil rekap, kita harapkan secepatnya sudah ada," ungkapnya.

Selain itu, sambung Hasan untuk kategori surat suara yang rusak yaitu, sobek pada bagian pinggir atau tengah surat, selain itu adanya noda tinta hitam yang menutupi, nama, nomer atau parpol.

"Namanya ke khawatiran tetap ada, namun kita percaya KPU RI akan bertindak cepat, mudah mudahan cepat merespon dan betindak cepat," ujarnya.

Sementara untuk pendistribusian, surat nantinya pihak KPU akan melakukan pelelangan, perusahaan mana yang akan mengantarkan logistik pemilu ke masing masing wilayah di Kabupaten Bangka.

"Untuk itu akan dilakukan oleh PT Pos atau perusaan lain karena harus dilelang, karena di aturan seperti itu harus perusahaan yang mempunyai armada pengangkutan, selama ini PT Pos, karena sudah berapa kali kerjasama," ungkapnya.

(Bangkapos/riki).

Penulis: Riki Pratama
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved