Surya Paloh Apresiasi Etnis Tionghoa Peduli Politik

Konsistensi NasDem tersebut terlihat dalam acara pelantikan pengurus Solidaritas Tionghoa Indonesia (SETIA) di Tiara Convention Center (TCC), Medan

Surya Paloh Apresiasi Etnis Tionghoa Peduli Politik
SIARAN PERS
Surya Paloh Apresiasi Etnis Tionghoa Peduli Politik 

BANGKAPOS.COM -- Nasionalisme Partai NasDem tidak hanya dalam retorika, tetapi selalu diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satunya ditunjukkan dengan sikap mendukung kalangan minoritas dan memberi tempat kepada masyarakat etnis Tionghoa untuk turut terlibat aktif dalam dunia politik.

Konsistensi NasDem tersebut terlihat dalam acara pelantikan pengurus Solidaritas Tionghoa Indonesia (SETIA) di Tiara Convention Center (TCC), Medan, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (3/4) malam. Acara yang diikuti sekitar 1.500 kader SETIA tersebut dihadiri Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Surya Paloh dalam sambutannya mengatakan pembentikan Ormas SETIA merupakan sejarah bagi perjalanan demokrasi di Indonesia. Dia mengapresiasi keinginan masyarakat Tionghoa yang mau aktif dan peduli terhadap dunia politik.

"Saya merasa terharu atas inisiatif yang diambil oleh saudara-saudara Tionghoa yang berinisiatif mendirikan ormas SETIA. Keberadaan SETIA dapat menepis pikiran, persepsi, anggapan negatif atas kehadiran masyarakat Tionghoa di Indonesia," ujar Surya.

SETIA diproyeksikan menjadi bagian organisasi sayap Partai NasDem. Surya menegaskan bahwa kehadiran SETIA mampu memberikan semangat baru pada semangat persatuan dan kesatuan.

"Nilai dasar ideologis bangsa ini jelas bahwa kita memiliki komitmen mengikat penghargaan setulus-tulusnya untuk menjaga masyarakat majemuk dalam pluralisme negri ini. Itulah Bhineka Tunggal Ika," ungkapnya.

NasDem dan SETIA, kata Surya Paloh, bisa berdiri berdampingan menjaga Ideologi Pancasila. Ideologi Pancasila terancam hilang jika bangsa ini tidak menempatkan Pancasila sebagai hal yang utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

"Pancasila harus tetap menjadi alat pemersatu. Jangan sampai kita tidak menempatkan lagi Pancasila di tubuh kita," ujarnya.

Pendiri sekaligus Ketua SETIA, Anthony mengatakan alasan masyarakat Tionghoa mendirikan ormas SETIA adalah untuk berdiri di samping NasDem membawa gerakan perubahan. Konsistensi NasDem dalam mengusung 19 caleg dari etnis Tionghoa telah menyadarkan Anthony bahwa masih ada parpol yang peduli dengan minoritas.

"NasDem paling banyak mencalonkan caleg dari etnis Tionghoa. Kami berjanji akan berdiri bersama NasDem untuk membawa gerakan perubahan dan juga memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin," paparnya.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved