Berita Pangkapinang

KPU Pangkalpinang Temukan 8.297 Surat Suara Rusak, Tunggu Kiriman dari KPU RI

KPU Pangkalpinang telah melakukan tahap pelipatan dan sortir lima jenis surat suara berdasarkan jumlah DPT dan ditambah dua persen.

KPU Pangkalpinang Temukan 8.297 Surat Suara Rusak, Tunggu Kiriman dari KPU RI
Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Penti selaku ketua KPU Kota Pangkalpinang saat ditemui di ruang kerjanya, Jum'at (5/4/2019) 

BANGKAPOS.COM-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang telah melakukan tahap pelipatan dan sortir lima jenis surat suara berdasarkan jumlah DPT dan ditambah dua persen.

Ketua KPU Kota Pangkalpinang Penti mengatakan, terdapat beberapa surat suara yang mengalami kerusakan.

"Jadi kemaren ada kerusakan dari lima jenis surat suara itu terdapat sekitar 6.047 surat suara yang rusak. Kemudian ada kekurangan 2,250 dari 5 jenis surat suara itu, jadi totalnya 8.297 berdasarkan lipat dan sortir yang kita lakukan selama lima hari," jelas Penti  kepada bangkapos.com saat ditemui diruangannya, Jum'at (5/4/2019).

Penti mengatakan jenis surat suara yang paling banyak mengalami kerusakan adalah jenis surat suara DPRD Provinsi.

"Yang paling banyak rusak rata-rata DPRD Provinsi sekitar 3611, ada 3 dus yang rusaknya tinta menyebar ke para caleg dan tentu itu tidak bisa digunakan," ungkap Penti.

Mengenai surat suara yang rusak menurutnya, KPU Kota Pangkalpinang sudah membuat berita acara pergantian ulang atau surat suara yang rusak ke KPU provinsi dan ditembuskan ke KPU RI. Untuk tindak lanjutnya akan diserahkan ke KPU RI terhadap pengiriman surat suara.

Lebih lanjut Penti mengatakan akan mengerahkan tambahan pekerja untuk mengantisipasi surat suara yang datang terlambat. 

"Untuk estimasi kedatangan surat suara kita kurang tahu, karena pengadaan ini dari KPU RI. Kalau misalnya datang waktunya mepet tetap kita adakan pelipatan dan sortir, paling jumlah orang pelipat suaranya yang kita tambah. Kemaren kita kerahkan ibu-ibu 100 orang, mungkin kalau waktunya mepet kita kerahkan 200 orang bisa saja yang penting selesai tepat  waktu," kata Penti. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved