Cheng Beng

Patricia Tempuh Perjalanan Surabaya-Pangkalpinang Demi Perayaan Cheng Beng

Patricia warga asli Bangka Belitung ini sekarang sudah berdomisili di Surabaya, namun dirinya mengaku jika setiap tahun rutin pulang untuk merayakan

Patricia Tempuh Perjalanan Surabaya-Pangkalpinang Demi Perayaan Cheng Beng
Dokumen Bangka Pos
Suasana perayaan Cheng Beng di Komplek Pemakaman Sentosa. 

BANGKAPOS.COM - Setelah kurang lebih selama sepekan masyarakat Tionghoa beramai-ramai mengunjungi makam para leluhur mereka. Hari ini, Jumat (05/04/2019) adalah puncak dari perayaan Cheng Beng

Perayaan Cheng Beng nampaknya tak pernah sepi dari pengunjung, bahkan menurut tokoh perjuangan pembentukan Provinsi Bangka Belitung, Amung Tjandra jika perayaan tahun baru China mungkin orang bisa menahan diri untuk pulang dan merayakan di kota tempat ia tinggal.

Namun berbeda dengan Cheng Beng, yang berasal dari panggilan nurani untuk menghormati para leluhur yang sudah mendahului.

Seperti yang dialami Patricia (35) warga asli Bangka Belitung ini sekarang sudah berdomisili di Surabaya, namun dirinya mengaku jika setiap tahun rutin pulang untuk merayakan Cheng Beng.

"Sekarang tinggalnya di Surabaya ikut suami, tapi setiap Cheng Beng selalu pulang kok, suami sama anak juga ikut." ujar Patricia, Jumat (35) yang pada saat ditemui sedang menghias makam leluhurnya.

Patricia mengatakan sengaja membawa anaknya yang saat ini duduk di sekolah dasar, agar anaknya tahu dan paham bahwa tradisi Cheng Beng ini adalah tradisi yang baik dan sudah dilakukan turun temurun.

"Pengen ngasih contoh ke anak sih, soalnya dulu kan saya yang dibawa oleh orangtua saya buat Cheng Beng, nah sekarang saya mau nerusin ke anak saya."

Patricia menambahkan jika selain merayakan Cheng Beng, sebelum pulang ke Surabaya terlebih dahulu dirinya juga akan mengajak anaknya berlibur ke Sungailiat, tepatnya ke De Locomotive Pantai Tongaci untuk menyaksikan agenda pariwisata Bangka Culture Wave.

(Bangka Pos/Muhammad Rizki)

TONTON VIDEO PROF.UFI MENGIKUTI TRADISI CHEN BENG :

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved