Berita Pangkalpinang

Ajang Silaturahmi Lembaga Pers Mahasiswa, PPMI DK Babel Resmi Didirikan

Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Dewan Kota Bangka Belitung resmi didirikan di Bangka Belitung, Jumat (5/4/2019) kemarin.

Ajang Silaturahmi Lembaga Pers Mahasiswa, PPMI DK Babel Resmi Didirikan
PPMI DK Babel
Foto bersama di sela pndeklarasian berdirinya PPMI DK Babel di Gedung Diklat BKPSDM Babel, Jumat (5/4/2019). 

BANGKAPOS.COM-- Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Dewan Kota Bangka Belitung resmi didirikan di Bangka Belitung, Jumat (5/4/2019) kemarin.

Organisasi perhimpunan pers kampus ini lahir setelah digelarnya Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) ke-4 pada 3 hingga 6 April lalu di Gedung Diklat, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Data Manusia (BKPSDM) Provinsi Bangka Belitung.

Rapimnas itu merupakan kerja sama dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Universitas Bangka Belitung (UBB), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Institut Agama Islam Negeri Syekh Abdurrahman Siddiq Bangka Belitung (IAIN SAS BABEL), dan UKM BAHTRASIA (Bahasa dan Sastra Indonesia) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bangka Belitung yang merupakan ajang untuk bersatu dan menyelaraskan perjuangan dalam menggelar RAPIMNAS sekaligus pendeklarasiaan PPMI DK Bangka Belitung.

Pendirian PPMI DK Babel ditandai dengan pendeklarasiaan dan penandatanganan penyataan bersedia membentuk dan bergabung oleh ketiga UKM pers dan disaksikan oleh peserta RAPIMNAS maka PPMI DK Bangka Belitung.

Rilis pers PPMI DK Babel menyebutkan, UKM Pers biasanya hanya bergerak dan mengawal pemberitaan dalam kawasan kampus. Dengan meleburnya ketiga UKM mahasiswa dari perguruan tinggi yang berbeda ini maka secara otomatis akan membentuk wadah yang lebih besar dalam pengawasan pemberitaan ataupun pengawalan isu hingga ke tingkat Provinsi Bangka Belitung dari kacamata seorang mahasiswa.

PPMI juga diharapkan dapat menjadi wadah bagi teman-teman pers mahasiswa yang ada di Bangka Belitung untuk bersilahturahmi. "Saya berharap PPMI ini bisa menjadi ajang kita untuk bersilahturahmi," ujar Genta selaku Pimpinan Umum UKM Pers IAIN SAS BABEL melalui rilis pers yang diterima Bangkapos.com, Sabtu (6/4/2019).

Sementara itu, Pimpinan Umum LPM UBB, Julia Kartika menjelaskan, salah satu tujuan didirikannya PPMI DK Bangka Belitung adalah bisa menjadi pengarah untuk pembukaan LPM di seluruh perguruan tinggi yang ada di Bangka Belitung.

"Keberadaan LPM itu sangat penting dalam setiap kampus karena LPM merupakan lidahnya mahasiswa. Oleh karena itu tujuan dibentuknya PPMI adalah dapat mendirikan LPM-LPM disetiap kampus yang ada di Bangka Belitung," ucap Julia.

Pada sambutannya dalam pendeklarasiaan, Rahmat Ali selaku Sekretaris Jenderal PPMI Nasional menyatakan, pembentukan PPMI di setiap kota berfungsi sebagai penghubung dan pemecah masalah yang dihadapi LPM-LPM yang ada di kota tersebut. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved