Berita Pangkalpinang

Kepala BI Babel: KUR Sebaikanya Disalurkan Pada Sektor Produktif

Tantan menyebutkan, KUR seharusnya disalurkan pada sektor-sektor produktif dengan nilai tambah yang tinggi

Kepala BI Babel: KUR Sebaikanya Disalurkan Pada Sektor Produktif
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Babel, Tantan Heroika. 

BANGKAPOS.COM - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Babel, Tantan Heroika menjelaskan masih belum banyak dimanfaatkannya program pembiayaan bagi pelaku UMKM seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan pembiyaan Ultra Mikro (Umi) tidak bisa dipaksakan dan harus dilihat dari beberapa sisi.

Tantan menjelaskan, untuk KUR masih didominasi di Pulau Jawa dan belum ada pembagian sebaran pembiayaan KUR per masing-masing daerah.

Hal yang perlu diperhatikan kata Tantan ialah terkait kualitas penyaluran kredit dan alokasinya yang perlu diatur kembali agar tidak mempengaruhi Non Performing Loan (NPL).

"Yang perlu kita dorong secara konsep KUR ini bagus tapi jangan terlalu dipaksakan, karena kalau dipaksakan NPL atau kualitas dari kredit juga hadi enggak bagus, dan itu kita lihat," katanya, Senin (8/4/2019).

Tantan menyebutkan, KUR seharusnya disalurkan pada sektor-sektor produktif dengan nilai tambah yang tinggi, sehingga pengembalian modal dan kredit juga bagus.

"Bukan hanya dilihat dari yang memanfaatkan, kalaupun kecil yang memanfaatkan tapi tepat sasaran ini akan memberikan daya ungkit yang luar biasa," katanya.

(Bangka Pos/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved