Berita Pangkalpinang

Gelar Simulasi Pemilu 2019, KPU Pangkalpinang Berharap Cuaca Tak Hujan Seperti Pemilihan Gubernur

KPU Kota Pangkalpinang gelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara pemilihan umum serentak di halaman Koni Kota Pangkalpinang

Gelar Simulasi Pemilu 2019, KPU Pangkalpinang Berharap Cuaca Tak Hujan Seperti Pemilihan Gubernur
Bangka Pos/Rizky Irianda Pahlevy
Panitia KPPS menunjukkan surat suara pada simulasi KPU Kota Pangkalpinang, Selasa (9/4). 

BANGKAPOS.COM - KPU Kota Pangkalpinang gelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara pemilihan umum serentak di halaman Koni Kota Pangkalpinang, Selasa (9/4). Kegiatan simulasi dihadiri oleh PPK, PPS dan KPPS di wilayah Kota Pangkalpinang. 

"Ini kan simulasi sesungguhnya di lapangan, benar-benar kita buat seperti aslinya. Hal ini supaya kita tahu estimasi termasuk permasalahan di lapangan itu seperti apa, termasuk penyelesaian seperti apa. Nanti juga estimasi waktu dari yang kita gunakan ini untuk perhitungan surat suara itu berapa lama. Sehingga kita bisa mengakumulasi nanti kecepatan kawan-kawan KPPS untuk melakukan perhitungan surat suara setelah terjadinya rekapitulasi," ujar Penti ketua KPU Kota Pangkalpinang ditemui saat simulasi sedang berlangsung.

Yusmayadi selaku divisi tekinis menambahkan simulasi diperkirakan selesai pukul 22.00.

"Simulasi ini merupakan simulasi yang benar-benar akan terjadi nanti, jadi ini bisa saja sampai pukul 22.00. Kalau kemaren simulasi di Belitung itu selesai sampai pukul 04.00, jadi kita target simulasi kita sekitar pukul 22.00 atau 23.00," ujar Yusmayadi.

Pada simulasi terdapat 266 DPT dengan 7 daftar pemilih pindahan. Untuk surat suara terdapat 268 surat suara presiden dan wakil presiden, 251 surat suara DPR RI, 267 surat suara DPD Provinsi dan 269 DPD Kota.

Lebih lanjut Penti mengatakan antusias pemilu 2019 lebih bersemangat dan berharap cuaca tidak turun hujan.

"Optimis KPU Kota Pangkalpinang, kita optimis sih dari yang mengurus A5 pindah memilih saja sudah seperti pasar. Antusiasme masyarakat terhadap pemilu 2019 ini lebih bersemangat, yang penting jangan hujan seperti pemilihan Gubernur lah," lanjut Penti.

Sementara itu jumlah 5 kotak suara tidak berpengaruh terhadap kinerja KPPS di setiap TPS.

"Tidak juga sih, 2014 kita pakai 4 kotak suara, tapi dalam 1 TPS itu menampung DPT sekitar 800. Sekarang diperkecil 1 TPS cuma sekitar 300 DPT. Jadi dipersempit cuma nambah 1 kotak suara, tetapi di dalam TPS DPT lebih sedikit dan TPS yang di perbanyak," kata Penti.

(Bangka Pos/Rizky Irianda Pahlevy)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved