Breaking News:

Berita Sungailiat

Kabupaten Bangka Bakal Bangun Pelabuhan Umum di Tuing

Kabupaten Bangka bakal membangun pelabuhan umum untuk membantu distribusi penyalurahan alur mudik kapal ke Pulau Bangka.

Penulis: Riki Pratama | Editor: khamelia
bangkapos/riki
Bupati Bangka Mulkan (kiri) 

BANGKAPOS.COM--Kabupaten Bangka bakal membangun pelabuhan umum untuk membantu distribusi penyalurahan alur mudik kapal ke Pulau Bangka.

Lokasi pembangunan pelabuhan berada di Tuing, Desa Mapur Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka, dengan luas lahan 854 hektar milik pemerintah daerah.

"Pelabuhan itu yang akan membangun dari Provinsi Babel, hanya lahannya Pemkab Bangka yang menyediakan, tetapi masih melakukan survei, masterplannya ada di Provinsi, Bupati hanya merekomendasikan saja," jelas Mulkan kepada wartawan, Selasa (9/8/2019).

Mulkan menjelaskan, bahwa pelabuhan yang akan dibangun merupakan pelabuhan umum untuk alur mudik kapal besar pengangkut barang.

"Pelabuhan umum untuk perdagangan kita, karena pelabuhan Pangkalbalam sudah sangat sempit, ada pelabuhan penyangga, kita membantu alur mudiknya," lanjutnya.

Ia menambahkan, bahwa daerah Tuing ini secara kedalaman sangat memadai untuk membentuk pelabuhan.

"Daerah Tuing ini secara kedalaman air sudah memadai, karena membangun bukan sembarangan, karena pernah kegagalan di pelabuhan niaga kita tidak bisa dimanfaatkan kapal yang cukup besar," ungkapnya.

Menurutnya, pembangunan pelabuhan akan dibangun menggunakan anggaran dari APBN, ia harapkan tidak ada lagi persoalan dalam pembangunan nantinya.

"Untuk infrastruktur jalan tahun ini kita bangun 7 kilo, semua adanya di provinsi kita menyetujui akan dibangun di desa Mapur itu, seperti itu 2020 sudah dibangun. Untuk anggaran dari APBN, Bupati hanya menyetujui, untuk teknis kita minta saat kontraktor mulai bekerja, agar masyarakat tahu dan diberikan sosialisasi dahulu," lanjutnya.

(bangkapos/riki)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved