Terobosan Besar, Terapi Baru Mampu Bunuh Virus HIV yang Tersembunyi

HIV merupakan penyakit yang hingga saat ini belum dapat disembuhkan. Obat antiretroviral therapy (ART) sekalipun hanya dapat mengontrol infeksinya

Terobosan Besar, Terapi Baru Mampu Bunuh Virus HIV yang Tersembunyi
Freepik
Ilustrasi HIV/AIDS masih memiliki harapan untuk tetap sehat. 

BANGKAPOS.COM – HIV merupakan penyakit yang hingga saat ini belum dapat disembuhkan.

Obat antiretroviral therapy (ART) sekalipun hanya dapat mengontrol infeksinya agar virus ini tidak terdeteksi dalam darah dan tidak menular, sementara virusnya bersembunyi di dalam sel imunitas pasien.

Bila ART dihentikan, virus bisa kembali menjadi AIDS, sehingga pasien pun harus mengonsumsi obat seumur hidupnya.

Namun, keadaan tampaknya akan segera berubah. Para peneliti dari University of Pittsburgh University of Pittsburgh Graduate School of Public Health melaporkan dalam EBioMedicine bahwa mereka telah berhasil mengembangkan sebuah imunoterapi baru yang tidak hanya mengeluarkan HIV dari persembunyiannya, tetapi juga membunuhnya secara permanen.

Dijelaskan dalam siaran pers yang dirilis Rabu (3/4/2019); virus HIV dalam fase laten (ketika pasien meminum ART) dengan memasukkan dirinya ke dalam DNA sel imun yang disebut sel T pembantu.

Hal ini membuat virus HIV menjadi tersembunyi.

Namun untuk mengetahui sel T pembantu mana yang menyimpan HIV dan cara mengeluarkannya, para peneliti pun memutar otak.

Mereka memutuskan untuk mencari petunjuk dari virus lain yang juga masuk ke fase laten dan menginfeksi 95 persen pasien HIV, yaitu Cytomegalovirus (CMV) yang menyebabkan infeksi mata dan penyakit serius lainnya.

Pada orang yang tidak memiliki HIV, CMV sebetulnya dikontrol oleh sistem imunitas tubuh. Bahkan pada sebagian orang, tubuh mendedikasikan satu di antara lima sel T pembantu untuk menangani virus tersebut.

Penulis studi Charles Rinaldo, PhD, professor and chair of Pitt Public Health’s Department of Infectious Diseases and Microbiology, mengatakan, hal itu membuat kita berpikir – mungkin sel-sel yang spesifik melawan CMV juga menjadi bagian besar dari kolam HIV laten.

Halaman
123
Editor: teddymalaka
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved