Dokter Mika Pastikan Layanan Kesehatan Akan Lebih Maksimal

Calon anggota DPR RI dr Mika Oiku Otniel Wesli Mangatur Sianipar, sangat concern memperhatikan kesehatan masyarakat.

Dokter Mika Pastikan Layanan Kesehatan Akan Lebih Maksimal
Istimewa
┬áDokter Mika Oiku Otniel Wesli Mangatur Sianipar saat blusukan. 

PANGKALPINANG, BANGKA POS - Calon anggota DPR RI nomor urut 1 dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) nomor 11, dr Mika Oiku Otniel Wesli Mangatur Sianipar, sangat concern memperhatikan kesehatan masyarakat.

Berdasarkan pengetahuan, ilmu, keterampilan dan pengalamannya di bidang kesehatan sesuai latar belakang pendidikannya, dr Mika akan fokus memperjuangkan hak warga atas pelayanan kesehatan, termasuk layanan BPJS.

Dokter Mika mengisi masa kampanye dengan mengunjungi warga yang sakit.

Saat blusukan di kediaman Muhamad Akil, seorang tokoh sepak bola Bangka era 70-an di daerah Tanjung Laut, Bangka Barat, dr Mika Oiku Sianipar kembali mengingatkan soal pentingnya kesehatan dan layanan kesehatan.

"Kesehatan adalah hal yang paling penting untuk masyarakat sehingga pelayanan kesehatan, jaminan kesehatannya, serta tenaga kesehatan merupakan satu paket yang tidak terpisahkan agar pelayanan kesehatan yang maksimal dapat diberikan kepada masyarakat," katanya.

Menurut dr Mika, memang sekarang ini untuk pelayanan kesehatan gratis, tetapi mendapatkannya masih membutuhkan banyak biaya yang terbilang mahal.

"Kalau pelayanannya tidak ramah, sistem rujukannya, sampai masih terdengar obat-obatan harus cari sendiri. Ini yang harus diperjuangkan, termasuk tenaga kesehtannya harus kita perhatikan," ujarnya.

Oleh karena itu, menurut dr Mika, akar masalah pelayanan kesehatan harus dibenahi. Ini membutuhkan wakil rakyat yang memahami dan berlatar belakang pendidikan bidang kesehatan.

"Kenapa saya seorang dokter harus turun mencalonkan diri, ya jelas karena masalah kesehatan di Bangka Belitung tidak ada kemajuan signifikan, bahkan dengan era BPJS malah terjadi penurunan. Masalah yang di atas yang saya sampaikan banyak dilontarkan masyarakat saat saya blusukan sejak bulan September 2017, terutama pelayanan kesehatan serta jaminan kesehatan yang malah membuat mereka jadi ragu. Jadi di sinilah akar masalah yang harus diselesaikan termasuk kesejahteraan, serta status tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, dan bidan di mana kan mereka kebanyakan honorer dengan gaji yang masih kurang dari standarnya," tutur dr Mika.

Ia memastikan jika dirinya terpilih dan diberikan amanah maka dia akan memperjuangkan pelayanan kesehatan harus jauh lebih ramah dan baik.

"Jaminan kesehatan seperti BPJS harus lebih lagi mengadopsi kepentingan masyarkat serta sistem rujukan janganlah berbelit-belit dan juga jangan lagi ada masyarakat cari obat sendiri, beli obat sendiri, serta kita akan mengawal anggaran di pusat untuk kesehatan dan pendidikan untuk Bangka dan Belitung dengan transparan," kata dr Mika. (*/chy)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved