Berita Sungailiat

Dua Pemuda Jebol Komputer Eksavator Mantan Majikan, Begini Nasib Mereka

Aksi dua pemuda asal Belinyu Bangka, DH (23) dan DI (18) mencuri komputer eksavator terbongkar.

Dua Pemuda Jebol Komputer Eksavator Mantan Majikan, Begini Nasib Mereka
IST/Eka Zen
Tampak DH (23) dan DI (18), keduanya Warga Belinyu Bangka, diamankan oleh Unit Buser Satreskrim Polres Bangka atas tuduhan mencuri komputer alat berat. 

BANGKAPOS.COM -- Aksi dua pemuda asal Belinyu Bangka, DH (23) dan DI (18) mencuri komputer eksavator terbongkar. Terungkap oleh polisi, pelaku berstatus helper alat berat. Sedangkan korban merupakan mantan bos mereka sendiri alias pemilik alat berat yang mereka curi

Kapolres Bangka AKBP Budi Arianto diwakili Kasat Reskrim AKP Rio RP didampingi Kanit Buser Ipda Eka Zen ditemui bangkapos.com, Rabu (10/4/2019) mengatakan ungkap kasus ini terjadi pekan lalu. Polisi kemudian melakukan pengembangan namun terputus hanya pada dua pelaku saja.

"Kedua tersangka pencurian ECU (electronic control unit) atau peralatan komputer alat berat jenis eksavator ini ditangkap saat hendak melakukan transaksi jual beli barang curian," kata Kasat, saat memberikan keterangan didampingi Kanit Buser Ipda Eka Zen.

Awalnya, polisi menerima laporan kehilangan komputer alat berat yang dilaporkan korban. Laporan ditindak lanjuti seiring penyelidikan di berbagai tempat. Kasat kemudian memerintahkan Kanit Buser Ipda Eka Zen bersama anggota turun ke lapangan.

"Hingga akhirnya Buser berhasil menangkap satu orang tersangka yakni DI di kawasan Simpang Mapur Kecamatan Riausilip. Saat itu Tersangka DI hendak melakukan traksaksi kepada si pembeli komputer eksavator," jelas Kasat.

Saat penyergapan, polisi juga menemukan barang bukti (BB) yang dibawa tersangka DI yang ketika itu sedang duduk di jok motor menunggu pembeli.

Setelah penangkapan, polisi melakukan interogasi pada DI dan akhirnya diketahui aksi pencurian ini melibatkan tersangka pelaku lainnya, yaitu DN yang juga berhasil ditangkap di kediamannya di Belinyu.

"Pelaku mengaku pernah bekerja sebagai helper atau pembantu operator PC (eksavator) milik korban. Pelaku mantan anak buah korban. Aksi pencurian dilakukan di Belinyu, sekitar jam 12 malam. Pelaku dua kali berturut-turut menjebol alat berat alat berat milik mantan bosnya. Hasil curian rencananya buat hura-hura," kata Kasat seraya memastikan tersangka pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan (Curhat), ancaman lima tahun penjara.

(Bangka Pos/Fery Laskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved