Berita Pangkalpinang

Kemenag Pangkalpinang Lestarikan Budaya Nganggung

Kegiatan ini mengambil tema “ Menjadikan Momentum Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW untuk Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

Kemenag Pangkalpinang Lestarikan Budaya Nganggung
Bangkapos/Edwardi
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang menggelar peringatan Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW sambil melestarikan Budaya Nganggung di aula Kantor Kemenag Pangkalpinang, Rabu (10/04/2019). 

BANGKAPOS. COM, BANGKA -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang menggelar peringatan Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW sambil melestarikan Budaya Nganggung di Aula Kantor Kemenag Pangkalpinang, Rabu (10/04/2019).

Kegiatan ini mengambil tema “ Menjadikan Momentum Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW untuk Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan dalam Membentuk ASN Kementerian Agama yang Berakhlaqul Karimah”.

Kepala Kemenag Kota Pangkalpinang, H Abdul Rohim mengatakan pelaksanaan peringatan Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan Peringatan Hari Besar Islam lainnya merupakan salah satu bentuk komitmen Kemenag Pangkalpinang dalam rangka menjaga keistiqomahan dalam memelihara nilai-nilai keislaman.

“Saya mengharapkan agar Kemenag Kota Pangkalpinang selalu menjadi pelopor dalam pelaksanaan kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Kalau seluruh masjid yang menjadi binaannya selalu mengadakan PHBI, maka Kemenag sebagai pembinanya pun harus turut aktif mengadakannya dalam rangka menghidupkan ghirah Islam di Kota Pangkalpinang,” katanya.

Ditambahkannya,, kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka peran aktif Kemenag Pangkalpinang dalam melestarikan Tradisi Nganggung yang merupakan salah satu bentuk kearifan lokal budaya ciri khas masyarakat Melayu di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dimana terkandung nilai positif yang dapat dijadikan falsafah kehidupan.

“Tradisi Nganggung ini patut dijaga dan dilestarikan, karena tercermin semangat kebersamaan, keikhlasan, saling menghargai dan saling berbagi dalam kebaikan," ujarnya.

Ditambahkannya, dengan semangat Isra’ dan Mi’raj, seluruh ASN Kemenag Pangkalpinang diharapkan dapat mengedepankan moderasi beragama dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

ASN Kemenag harus mampu berdiri ditengah-tengah, merangkul seluruh golongan dalam semangat kebersamaan.

“Mari kita jadikan momentum Isra’ dan Mi’raj untuk membentuk ASN Kemenag yang berintegritas, mampu bekerja secara profesional, memiliki inovasi dan tanggung jawab terhadap tugas dan fungsi, serta mendorong semangat agar dapat memberikan keteladanan, baik bagi diri sendiri, keluarga maupun masyarakat," tukasnya.

Acara ini dihadiri Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H Suparyono, Kabid Bimas Kantor Wilayah Kemenag Babel, H Abdul Azis, Plt. Ketua Baznas Kota Pangkalpinang, Sofian Abdullah dan undangan lainnya.

(BANGKAPOS.COM/EDWARDI)

Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved